Mohon tunggu...
Ety Handayaningsih
Ety Handayaningsih Mohon Tunggu... Fulltime Blogger

Ibu Dua Orang Putri | Blogger | http://etyabdoel.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

3 Jurus Bersih Diri Sambut Hari nan Fitri

19 Mei 2020   22:45 Diperbarui: 19 Mei 2020   23:10 102 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Jurus Bersih Diri Sambut Hari nan Fitri
Pixabay 

Idul Fitri merupakan perayaan kemenangan manusia setelah berperang melawan segala hawa nafsu selama sebulan puasa Ramadan. Tak heran jika kehadiran Idul Fitri senantiasa disambut penuh sukacita.

Tradisi baju baru, hidangan hari raya yang aneka rupa, dan petasan yang bersahutan adalah wujud rasa sukacita itu. Satu tradisi lain yang biasa dilakukan menjelang Idul Fitri adalah bebersih.

Idul Fitri memang senantiasa diidentikkan dengan sesuatu yang bersih. Lebur segala dosa sehingga semua kembali fitrah (suci). Wajar jika kehadirannya pun disambut dengan bersih-bersih.

Ya, masuk akal sih, saat hari raya tiba biasanya akan ada tamu yang berkunjung ke rumah. Kondisi rumah yang rapi dan bersih tentu akan membuat nyaman tetamu. Namun, apakah bersih-bersih sambut Idul Fitri hanya sebatas itu?

3 Jurus Ini, Bakal Bikin Kamu Bersih Paripurna Saat Idul Fitri

1. Bebersih Hati
Idul Fitri dikenal juga dengan sebutan Lebaran. Jika dilihat dari kata Lebaran. Hari raya ini memiliki makna lebar (lapang) artinya kita harus berlapang dada untuk meminta maaf atau memaafkan kesalahan orang lain.

Tidak heran ya, jika usai sholat Idul Fitri, kita akan saling bersalaman, meminta maaf kepada orang lain. Sebaliknya kita pun harus mampu memaafkan kesalahan orang lain terhadap kita.

Intinya, tak boleh ada dendam diantara kita. Sungguh sayang, jika usai sebulan puasa, hati kita tak mampu memaafkan kesalahan orang lain terhadap kita. Pun kita mungkin gengsi meminta maaf atas kesalahan yang kita perbuat.

Jadi, membersihkan hati itu penting dilakukan agar ibadah puasa kita bernilai baik dan tidak sia-sia. 

2. Bebersih Lingkungan
Aktivitas ini biasa dilakukan bukan? Saya juga melakukannya. Sebelum hari raya tiba, setiap sudut rumah akan disapu dengan bersih. Lantai dipel dengan cairan pembersih agar harum. Mengganti gorden bahkan mencat ulang dinding rumah.

Diantara aktivitas di atas mana yang biasa kalian lakukan? Kalau saya sih cukup dengan menyapu, mengepel serta mengganti gorden saja. Ini pun bukan gorden yang baru beli. Saya tak sedetil itu menyiapkan rumah saat hari raya. Yang penting rumah bersih dan wangi saja. Tanpa pernah ganti perabot khusus menyambut lebaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN