Mohon tunggu...
Estor Evan Meysen Hia
Estor Evan Meysen Hia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Metode Discovery Learning: Meningkatkan Pemahaman Siswa

2 Maret 2023   09:05 Diperbarui: 2 Maret 2023   09:07 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Metode discovery learning merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar melalui eksplorasi dan eksperimen yang aktif. Dalam metode ini, siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan dipandang sebagai pembelajar yang aktif, sementara guru berperan sebagai fasilitator.

Penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa, memotivasi siswa untuk belajar, dan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan-keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Beberapa teknik dan strategi yang dapat digunakan dalam metode discovery learning antara lain pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis eksperimen, pembelajaran berbasis diskusi, dan pembelajaran berbasis simulasi.

Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk mengembangkan solusi kreatif terhadap masalah tertentu, sementara pembelajaran berbasis masalah memungkinkan siswa untuk memecahkan masalah konkret atau skenario yang dihadapi dalam konteks nyata. Pembelajaran berbasis eksperimen memungkinkan siswa untuk menemukan fakta dan konsep-konsep baru melalui eksperimen dan observasi, sementara pembelajaran berbasis diskusi memungkinkan siswa untuk membangun dan mengembangkan pemahaman mereka tentang topik tertentu melalui diskusi kelompok. Pembelajaran berbasis simulasi memungkinkan siswa untuk memahami konsep atau situasi tertentu melalui simulasi.

Dalam menggunakan metode discovery learning, guru harus berperan sebagai fasilitator dan pengarah, bukan sebagai pemberi informasi. Guru memberikan panduan dan alat yang diperlukan untuk siswa dalam mengeksplorasi dan menemukan konsep-konsep baru, sambil memberikan umpan balik dan dukungan yang diperlukan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam kesimpulannya, metode discovery learning merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, memotivasi siswa untuk belajar, dan membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan-keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Oleh karena itu, metode ini dapat dijadikan pilihan bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun