Mohon tunggu...
Evi Siregar
Evi Siregar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen-peneliti

Bekerja di sebuah universitas negeri di Mexico City.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

November, Waktunya Para Kupu-kupu Raja Berlibur ke Meksiko

24 November 2021   11:49 Diperbarui: 26 November 2021   06:36 816 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kupu-kupu raja.| Sumber: nationalgeographic.grid.id

Baru saja tiba di Michoacan (Meksiko) kloter pertama kupu-kupu raja. Mereka datang dari Kanada dan Amerika Serikat untuk menetap selama beberapa bulan di Meksiko, lalu kembali ke tempat asal mereka, melintasi jarak ribuan kilometer. 

Jenis kupu-kupu ini adalah satu-satunya dari kelompok serangga yang melakukan migrasi dan merupakan satu dari hanya beberapa jenis hewan yang mampu menempuh jarak yang luar biasa jauhnya. 

Seperti apakah kupu-kupu raja? Mengapa mereka harus bermigrasi dan mampu terbang beribu-ribu kilometer? Bagaimana mereka bisa tiba di tempat tujuan dan tahu jalan pulang?

Setiap tahun, menjelang musim gugur, jutaan kupu-kupu raja bersiap-siap meninggalkan tempat tinggal mereka di tenggara Kanada dan timur laut Amerika Serikat untuk pindah sementara ke beberapa tempat; salah satu tujuan utama mereka adalah provinsi Michoacan dan Negara Bagian Meksiko (Estado de Mexico), Meksiko. Mereka harus cepat-cepat pergi sebelum musim dingin datang. Jika tidak, matilah mereka.

Migrasi kupu-kupu raja memang merupakan hal yang sangat menakjubkan. Bayangkan saja, hewan yang hanya memiliki berat kurang dari satu gram ini mampu terbang antara 2000 km sampai 4500 km; bahkan ada yang mencapai 6000 km. 

Mereka bisa tiba di tempat tujuan dan bisa kembali ke tempat asal mereka, tanpa nyasar. Ini satu hal yang "agak sulit kita pahami".

Seperti apakah kupu-kupu raja?

Kupu-kupu raja (di Meksiko disebut mariposa monarca; dalam bahasa inggris: monarch butterfly; latin: danaus plexippus) adalah lepidoptera dari keluarga nymphalidae.

Menurut Carlos Galindo dan Eduardo Rendon, kupu-kupu raja sebenarnya tidak hanya ada di Amerika Utara (Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko; meski fenomena migrasi dan hibernasinya hanya pada jenis yang ada di sana), tetapi juga ada di Amerika Selatan (di selatan Peru dan barat laut Argentina).

Kupu-kupu raja. Foto Kenneth Dwain Harrelson, CC BY-SA 3.0 , via Wikimedia Commons.
Kupu-kupu raja. Foto Kenneth Dwain Harrelson, CC BY-SA 3.0 , via Wikimedia Commons.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan