Mohon tunggu...
Nurul Suhartin H
Nurul Suhartin H Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tingkatkan Kesadaran Membayar Pajak, KKN Unsika Menyasar Kalangan Remaja

29 November 2021   19:41 Diperbarui: 29 November 2021   22:49 119 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Upaya peningkatan kesadaran membayar pajak di kalangan remaja sangat dibutuhkan, mengingat mereka merupakan calon wajib pajak yang potensial. Misalnya, ketika mereka bekerja di suatu perusahaan atau membangun usaha mikro atau kecil setelah lulus dari pendidikan sekolah menengah atas atau kejuruan, mereka akan dihadapkan pada pemenuhan kewajiban perpajakan. 

Sebagai karyawan, mereka diwajibkan antara lain menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan. Begitu pula ketika mereka berperan sebagai pelaku usaha mikro atau kecil, salah satunya harus membayar kewajiban pajak penghasilan atas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan tarif 0,5% sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018.

Peningkatan kesadaran bagi kalangan remaja dalam memenuhi kewajiban perpajakan, memerlukan upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi. 

Atas dasar hal tersebut, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembelajaran pajak secara daring, dengan tema "Edukasi Pajak bagi Generasi Muda", pada hari Minggu, 8 November 2020 yang lalu. 

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unsika tahun 2020, yang dikoordinir oleh Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Gusganda Suria Manda dan Dr. Dede Jajang Suyaman.

Acara yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Mitra Jaya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, dihadiri oleh peserta dari kalangan muda sebanyak 301 orang. 

Narasumber yang diundang untuk menyampaikan paparan, yaitu Dr. H. Vitra Yozi Chaniago dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud kontribusi Unsika kepada masyarakat dalam bentuk fasilitasi dan mediasi dalam upaya penyebaran informasi dan peningkatan pemahaman tentang perpajakan yang secara langsung diberikan oleh pihak lembaga yang berkompeten. 

Selain itu, kegiatan ini sebagai simbol atas sinergi dan kerja sama yang baik di internal pemerintah pusat sendiri, yaitu Kementerian Keuangan (yang membawahi Direktorat Jenderal Pajak) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (yang membawahi Universitas Singaperbangsa Karawang).   

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan