Mohon tunggu...
Eryani Kusuma Ningrum
Eryani Kusuma Ningrum Mohon Tunggu... Guru - Miss eR

Pengajar Sekolah Dasar... Suka jalan-jalan (travelling)... Suka berkhayal lalu ditulis... Suka menjepret apalagi dijepret... kejorabenderang.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ngopi bareng Nova: Ajang Upgrade Diri Sendiri dalam Memaksimalkan Blog

4 Maret 2016   22:23 Diperbarui: 4 Maret 2016   22:47 78 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumat berkah nan cerah menghampiri saya karena saya dapat mengikuti acara Ngobrol Inspirasi bareng NOVA, sebuah Tabloid yang telah berkontribusi selama 28 tahun mewarnai kehidupan perempuan Indonesia. Dalam acara ini yang mengangat tema #NGOPINOVA ajang ngobrol cantik nan santai bersama Editor in Chief Iis R. Soelaeman serta talkshow menarik dari Blogger cantik Annisa Steviani yang berjudul “Cerdas menjadi Ibu dan Blogger berbayar, Why Not? Lalu tak ketinggalan Workshop Fotografi “Maksimalkan Blog Kamu dengan Foto yang Cantik” oleh Romy Palar.

[caption caption="dok : Pribadi"][/caption]

Dalam kesempatan ini, Iis menyampaikan bahwa dunia blogger semakin berkembang dan turut dalam kontribusi ekonomi. Hal ini dapat berkaitan di dalam kehidupan perempuan, karena keluarga adalah nomor satu. Melalui Campaign “Happy Home Happy life”, Iis mengemukakan kepada tamu Blogger yang hadir untuk dapat menerima dan mengembangkan terhadap diri sendiri sehingga mudah mendapatkan relasi, khususnya relasi terhadap pasangan dan keluarga besar. Ia pun menyampaikan agar sebagai perempuan Indonesia harus berdamai dengan pribadi sehingga mudah untuk menyerap kemampuan terhadap alam sekitarnya.

[caption caption="dok : Pribadi"]

[/caption]

“Kita sebagai perempuan punya peran yang tidak main-main. Karena perempuan adalah jantung keluarga. Perempuan punya kemampuan dalam dirinya sendiri, semangat dan spirit ditangan kita sehingga kita mempunyai tugas yang sangat mulia sebagai ibu dan sebagai istri tanpa adanya proses sekolah” Pesan Iis kepada Blogger yang hadir di Birdcage Restaurant Melawai.

Dalam hal ini Tabloid NOVA menempatkan diri sebagai sahabat wanita dengan mengajak pembaca untuk sharing dan bukan untuk menggurui dengan kelebihan berbagi pengalaman dalam berbagi artikel atau tayangan di televisi, website atau sosial media. Keinginan Tabloid NOVA untuk berbagi tak akan berhenti sejak 28 tahun yang lalu tepatnya di hari perdana penerbitannya pada tanggal 25 Februari 1988 sampai seterusnya walau platformnya berubah. Disini NOVA menggandeng blogger wanita akan lebih produktif mengeluarkan pikiran sehingga dapat menginspirasi orang agar mudah sharing atau berbagi.
“Mari kita membangun komunikasi dengan hal-hal positif di dunia kita sebagai perempuan di lingkungan masing-masing melalui tulisan dan ide” ajaknya lagi.

Acara dilanjut dengan pemotongan kue ulang tahun dalam rangka #28Novaversary Tabloid NOVA dan tak ketinggalan seluruh tamu dapat menikmati manisnya cake ulang tahun ke 28 yang begitu meriah.

Acara yang semarak dipandu oleh MC Roby serta disponsori oleh pembalut wanita Softex berlanjut pada Takshow dari Annisa Steviani dengan judul “Cerdas menjadi Ibu dan Blogger berbayar, Why Not? Banyak sekali ilmu yang saya dapat dari pemaparan ngeblog asyik bersama Annisa. Seperti halnya ia berpesan kepada para tamu blogger untuk menemukan keunikan dan tidak boleh serakah. Dalam hal ini, kita harus menentukan pilihan dalam memposting sebuah informasi. Apakah itu tentang fashion, food, recipe atau tips.

Lalu dengan memaksimalkan sosial media dan tentunya hal ini dapat menghasilkan uang melalui lomba blog atau paid review suatu produk.

Dapat job nya dari mana saja ?

  • Agency / PR Brand yang memungkinkan mencari para blogger yang aktif. Maka dari itu, Annisa berpesan untuk meninggalkan halaman contact ask dengan isian nomor telepon atau email yang terhubung dengan kita sebagai blogger.
  • Influencer marketing platform dimana situs mencari kerja untuk blogger yang akan memberi tahu kita jika ada pekerjaan yang cocok untuk kita
  • Komunitas misalnya Kompasiana. Saat menjadi blogger pertama kali, Annisa merasa blognya keren karena tak ada bandingannya. Begitu ia masuk ke dalam komunitas ia tercengang dan “Wow” banyak yang lebih hebat darinya sehingga ia pun dapat belajar dari orang lain, why not?

Annisa pun memberikan tips agar tetap produktif seperti :

  • Membuat konten yang bermanfaat
  • Potentially Viral Content (membuat Tips dalam kehidupan sehari-hari misalnya di daftar/ list 13 hal yang hanya dapat dirasakan oleh ibu menyusui)
  • SEO (Search Engine Optimization) banyak blogger yang sukses dari SEO karena mereka belajar teknikal, namun kita sebagai blogger harus mempunyai gaya tulis pribadi sendiri. Penambahan sesuatu seperti visual dalam ngeblog misalnya menambahkan foto atau alunan musik yang tenang dapat menjadi nilai plus untuk blog kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan