Mohon tunggu...
Erwin J manarna
Erwin J manarna Mohon Tunggu... Administrasi - Mitra Pengemudi Yang Menulis

Indahnya berbagi cerita sebuah catatan dari jalanan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pengemudi Pancasilais

3 Juni 2022   21:52 Diperbarui: 22 Juni 2022   20:29 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar/Ilustrasi sumber www.canva.com

Pengemudi Pancasilais

Pada hari Rabu 1 Juni 2022 upacara perayaan Peringatan hari besar lahirnya Pancasila diselenggarakan di kota Ende NusaTenggaraTimur

Acara itu dihadiri Pak Jokowi beserta Ibu Iriana dan disiarkan dibanyak stasiun televisi nasional.

Dengan Semangat Pancasila acara peringatan kali ini mengusung tema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".


Namun ada hal yang luput dari pantauan  media,banyak yang tidak mengetahui  kalo saya diundang untuk hadir disana sebagai pembicara, membawakan kata sambutan sekaligus laporan di hadapan Presiden RI Joko Widodo.

Saya ditunjuk dan dipilih secara acak mewakili Pengemudi Online dari seluruh Indonesia untuk menyampaikan laporan tentang butir-butir Pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai mitra pengemudi online. Momen langka  yang sangat membanggakan, sebuah amanat dan kepercayaan yang tidak akan saya sia-siakan.

Setelah MC acara  mempersilahkan saya untuk maju,dengan sigap dan percaya diri saya melangkah menuju podium lalu berdiri dimimbar yang ada lambang garudanya itu. 

Disambut riuh tepuk tangan semua yang hadir. Padahal belum apa-apa,Kenapa sudah memberikan aplus?apa mungkin karena model potongan rambut saya belah pinggir mirip seperti seorang menteri?. Ah,kenapa jadi mikirin rambut.

Isi laporan yang saya sampaikan itu ternyata mendapatkan apresiasi dari Pak Jokowi,Bagaimana tidak? Selama penyampaian laporan,beliau dengan seksama mendengarkan. Beberapa kali mengangguk bahkan sesekali tersenyum dan bertepuk tangan.

Saya  merangkum beberapa catatan mengenai isi dari laporan tersebut. Bahwa selama bekerja,pengemudi online tetap melakukan  butir-butir penghayatan dan pengamalan  yang terkandung pada kelima sila dalam Pancasila.Berikut pemaparannya;

Ketuhanan Yang Maha Esa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun