Mohon tunggu...
Erwin Erwin
Erwin Erwin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Liburan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kerusakan Alam

4 Desember 2022   15:48 Diperbarui: 4 Desember 2022   15:58 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penyebab kerusakan lingkungan hidup secara umum bisa dikategorikan dalam dua faktor yaitu akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia. Letusan gunung berapi, banjir, abrasi, tanah longsor, angin puting beliung, gempa bumi, dan tsunami merupakan beberapa contoh bencana alam.

Penyembab kerusakan lingkungan hidup secara umum bisa dikatategorikan dalam dua faktor yaitu: akibat peristiwa alam dan akibat ulah manusia .Manusia harus selalu menjaga edan melestarikan lingkungan agar tidak rusak  dan tercemar sebab apa yang ALLAH berikan kepada manusia semata mata merupakan suatu amanah yang harus dijaga dengan baik.

Hubungan manusia dengan alam adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan .Sebagai satu kesatuan semua hal tersebut saling berkaitan dan bersifat fungsional.

Alam sebagai satu kesatuan sistem yang utuh merupakan kolektivitas dari serangkaian subsistem yang saling berhubungan ,bergantung dan fungsional satu sama lainnya.Upaya untuk menjaga dan melestarikan lingkunga hidup adalah bentuk tanggung jawab setiap warga masyarakat yang ada dilikungan tersebut.

Manusia merupakan satu satunya makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi.Alam merupakan lingkungan kehidupan atau segala sesuatu yang ada dilangit dan dibumi seperti tumbuh tumbuhan dan binatang .Manusia dan alam harus mempunyai hubungan yang baik....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun