Ervita Widyastuti
Ervita Widyastuti Mohon Tunggu... Administrasi - Vita

Just ordinary woman but friendly and sweet :) http://ervitanw.blogspot.com

Cantiknya Borobudur dari Segala Sisi

13 Oktober 2023   16:18 Diperbarui: 13 Oktober 2023   16:27 289

Setelah sekian lama tidak bisa kemana-mana karena pandemi, akhirnya saya memutuskan untuk liburan ke Magelang -- Yogya. Sudah janji dengan asisten saya yang baru lulus S1 untuk mengajak ke candi Borobudur. Pengen banget liat Candi Borobudur karena belum  pernah kesana. Okelah, akhirnya saya arrange trip ke sana, kebetulan ada tanggal merah di hari Jumat sehingga bisa sekalian long weekend.

Saat-saat yang paling menyenangkan dari sebuah perjalanan adalah menyusun itinerary. Mulai dari transportasi, tempat menginap dan obyek wisata yang akan dikunjungi.

Untuk transportasi : yang paling murah dan aman adalah Kereta Api. Jadi sejak 1 bulan sebelumnya saya sudah membeli tiket Kereta api ke Yogya.

Untuk penginapan : karena tujuan utama ke Borobudur, jadi untuk hotel saya memilih hotel dengan kriteria utama, bisa ke Borobudur dengan berjalan kaki, sehingga bisa menghemat biaya transportasi.

Setelah browsing di Traveloka, saya akhirnya menjatuhkan pilihan hotel ke D'Amrta Borobudur. Selain harganya lumayan murah karena sedang ada promo, lokasinya di jalan utama dan hanya sekitar 1 km ke Borobudur. Selain itu hotel ini juga menyediakan fasilitas tur ke Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam.

Kami menginap 2 malam di Magelang dan setelah itu pindah ke Yogya. Di Yogya saya memilih hotel yang dekat dengan Malioboro dan stasiun Tugu. Karena pagi hari kami harus tes Genose dahulu. Setelah bingung memilih diantara ratusan hotel di Yogya, akhirnya saya memilih Hotel Prima In di Jl Gandekan Lor. Jalan ini bersisian dengan Jalan Malioboro dan hanya berjalan kaki 5 menit ke Stasiun Tugu.

Untuk transportasi, saya memilih De'transport Yogya, punya teman SD saya, sehingga bisa dapat harga lebih murah dan lebih gampang untuk arrange penjemputan dan pemilihan obyek wisatanya dan lebih terpercaya pastinya.

Akhirnya hari yang ditunggu tiba.  Setelah lolos tes Genose, hari Kamis pagi kami sudah tiba di stasiun Senen. Perjalanan lancar dan kereta Bengawan yang kami tumpangi sampai dengan selamat di stasiun Wates. Kenapa pilih berhenti di stasiun Wates, saya juga kurang paham juga kenapa bisa disana turunnya. Karena sewaktu saya pilih tujuan akhir kok tiba-tiba saja tujuan akhirnya di Wates, mungkin karena lebih dekat ke Magelang.

Turun di stasiun Wates, suasana sepi, kami sempat foto-foto dulu disana dan akhirnya menuju ke mobil teman saya yang sudah menunggu di luar stasiun. Di tengah jalan hujan turun dengan deras sampai akhirnya tiba di Hotel D'Amrta, hujan masih turun dengan deras.

Senang sekali akhirya sampai juga di hotel yang homey ini dengan interiornya yang bergaya rumah tradisional khas jawa. Saya pesan kamar deluxe room with pool view. Asyik banget kamarnya karena menghadap kolam renang jadi kalo mau berenang gampang. Serasa kolam renang pribadi.  Sore sampai malam kami hanya menghabiskan waktu di hotel, keluar sebentar untuk membeli camilan dan makan malam ayam goreng disekitar hotel dan foto-foto di sekitar kolam renang. Udara lumayan dingin jadi kami cepat mengantuk dan segera tidur.