Mohon tunggu...
Ervina Damayanti
Ervina Damayanti Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Semoga artikel saya bermanfaat

Dengan menulis, kita jadi lebih berkembang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tipe Kelekatan dan Pengasuhan pada Anak Usia Dini

29 September 2021   10:44 Diperbarui: 29 September 2021   11:28 199 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum kita membahas mengenai kelekatan dan pengasuhan, teman teman apakah sudah tau apa itu kelekatan dan apa itu pengasuhan?

Nah kelekatan (attachment) adalah suatu hubungan emosional yang kuat antara dua orang. Contohnya seperti ibu dan anaknya. Kemudian pengertian pengasuhan adalah suatu bentuk interaksi yang total antara dua orang seperti ibu dan anaknya. 

Ada banyak faktor yang terkait pada keterlambatan pertumbuhan anak di masa perkembangan awal, seperti asupan gizi yang tidak memadai, pengasuhan orang tua yang tidak baik, tingkat sosial ekonomi yang rendah, dan masih banyak yang lain. Selain itu, permasalahan perkembangan anak kerap kali dipicu dengan kurangnya persiapan psikologis dari orang tuanya. Perkembangan kelekatan kepada anak ini sangat dipengaruhi dengan ketakutan orang tua kepada anak.

Ada 4 pola kelekatan orang tua dengan anak yaitu :

1. Aman : kelekatan yang terjadi dari hubungan orang tua dengan anak dimana anak merasakan percaya kepada orang tua sebagai figur yang penuh kasih sayang dan perhatian.

2. Menakutkan : kelekatan yang terjadi pada saat orang tua lebih banyak menjauh dari anak dan menjadikan anak merasa mendapatkan rasa tidak percaya diri.

3. Disibukkan : kelekatan yang terjadi dari hubungan antara orang tua dengan anak pada saat anak merasakan tidak pasti bahwa orang tua bakal selalu hadir dalam membantu memenuhi kebutuhan anak.

4. Singkirkan : kelekatan yang terjadi pada saat orang tua memperlakukan anak dengan cuek dan sebagai figur yang menakutkan bagi anak.

Kelekatan termasuk tingkah laku yang tersendiri pada manusia, yaitu keinginan seorang manusia untuk mencari kedekatan dengan orang lain dan mencari kepuasan dalam hal hubungan dengan orang tersebut. 

Interaksi kelekatan berkembang melewati pengalaman bayi terhadap pengasuhnya diawal tahun kehidupannya. Kelekatan tersebut kerap kali dipengaruhi kepekaan ibu dalam memberikan respon kepada bayinya. Interaksi kelekatan antara ibu dan anak akan bertahan lama dan memberikan rasa yang anan walaupun figur kuat (ibu) tidak tampak dalam pandangan anaknya. 

Fase fase kelekatan dibagi dalam 4 fase, yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan