Mohon tunggu...
Ervina Rizqi Purwaningrum
Ervina Rizqi Purwaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hobi menuangkan hasil fikiran melalui tulisan dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Membangun Negara yang Berkualitas: Ditentukan dari Sejak Memilih Pemimpinnya

12 Februari 2024   15:51 Diperbarui: 12 Februari 2024   15:53 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karang Taruna Kel. Paledang

Dalam dinamika dunia yang terus berubah dengan pesat ini, keberadaan pemimpin tentu menjadi salah satu penentu arah masa depan suatu negara. Karena pemimpin adalah pilar utama dalam pembangunan dan perubahan. Pemimpin ini memiliki peran sentral dalam membentuk dan menentukan serta mempengaruhi arah pembangunan suatu masyarakat bahkan dunia. Masa depan yang berkualitas bukanlah sesuatu yang dijamin, tetapi merupakan hasil dari upaya, komitmen, dan tindakan nyata dari semua pemangku kepentingan dalam suatu negara. Pemilihan pemimpin adalah tonggak penting dalam membangun negara yang berkualitas. Oleh karena itu, memilih pemimpin yang berkualitas menjadi langkah awal yang krusial untuk menuju kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Pemimpin yang berkualitas bukanlah hanya mereka yang memiliki jabatan atau kekuasaan, tetapi mereka yang memiliki karakteristik, kualifikasi, dan komitmen untuk melayani dengan integritas dan dedikasi. Penting bagi kita untuk memilih pemimpin yang mampu membawa perubahan positif dan membangun masa depan yang lebih baik.

 

Mengapa Memilih Pemimpin yang Berkualitas itu Penting?

Pemimpin yang berkualitas memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perubahan positif, menginspirasi orang lain, dan mengelola konflik dengan bijaksana. Mereka mampu memimpin dengan integritas, berkomitmen terhadap keadilan, dan memahami kebutuhan serta harapan masyarakat. Berikut adalah beberapa alasan yang dilansir dari beberapa artikel ataupun jurnal mengenai mengapa memilih pemimpin yang berkualitas sangat penting:

  • Pemimpin Membentuk Kultur dan Nilai 

Pemimpin memiliki peran dalam membentuk kultur pada ruang yang dipimpinnya. Mereka menetapkan standar moral, etika, dan nilai-nilai yang menjadi dasar bagi seluruh anggota masyarakat.

  • Pemimpin Menentukan Arah dan Prioritas

Kepemimpinan yang berkualitas membantu menetapkan visi jangka panjang dan tujuan strategis yang akan mengarahkan pembangunan dan pertumbuhan ke arah yang diinginkan.

  • Pemimpin Mempengaruhi Keberhasilan atau Kegagalan Suatu Entitas

Kinerja dan keputusan seorang pemimpin dapat memiliki dampak besar pada keberhasilan atau kegagalan pada suatu entitas.

Lalu, bagaimana kita dapat menentukan pemimpin yang berkualitas?

Proses membangun negara yang berkualitas tentu memerlukan pemikiran yang cermat, evaluasi mendalam, dan partisipasi aktif dari masyarakat dalam memilih pemimpinnya. Adapun berikut dibawah ini, bagaimana kita dapat menentukan pemimpin yang berkualitas :

  • Dinilai dari integritas dan etikanya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun