Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat, Humas KPAID Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Membuat SKP (Pengelolaan Kinerja) di PMM bagi Guru

3 Januari 2024   01:04 Diperbarui: 3 Januari 2024   01:06 17352
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ikon Pengelolaan Kinerja, dok.pri

Tanggal 31 Desember kemarin adalah hari terakhir bagi guru untuk tutup SKP, namun kemarin saya lumayan kaget juga karena begitu akan melakukan input aktivitas harian, tiba-tiba ada notifikasi muncul dan mengharuskan saya untuk segera melakukan input IKI bulan Desember. Sedikit panik, namun berusaha untuk tenang dan meyakinkan diri kalau memang sudah mengerjakan tugas input IKI Desember. Saya yakin bahwa tanggal 29 Desember kemarin, bersama rekan di sekolah serempak untuk tutup SKP. Jadi, tidak mungkin kalau saya belum mengisi IKI bulan Desember.

Ternyata apa yang saya alami, dialami pula oleh banyak rekan, baik yang satu sekolahan, maupun dari sekolah lain, sehingga saya menyimpulkan bahwa itu memang ada kesalahan dari sistem, ditambah adanya info bahwa tutup SKP diundur hingga tanggal 03 Januari 2024. Ini berarti bahwa notifikasi yang saya terima berasal dari pusat yang telah menyiarkan serentak agar segera melakukan pengisian IKI Desember, tentu karena disebabkan oleh masih adanya pegawai yang belum mengisi IKI dan tutup SKP, sehingga yang sudah mengerjakan pun, menerima info intruksi pengerjaan input IKI Desember.

Apabila semua sudah tutup SKP, maka kita tinggal membubuhkan tanggal di lembar SKP secara berurutan di tanggal 02 Januari 2023, 31  Desember 2023, 03 Januari 2024, 04 Januari 2024., kemudian baru kita ekspor.

Setelah tutup SKP, pekerjaan kita yang harus segera dituntaskan adalah membuat Rencana Kinerja melalui PMM. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Ketik di google pencarian "PMM Login"

2. Klik Merdeka Mengajar.

3. Klik Pengelolaan Kinerja di menu Pengembangan Diri. Apabila di kita buka di HP, biasanya ikon Pengelolaan Kinerja tidak muncul. Maka apabila tidak muncul, coba update di Playstore. Namun biasanya apabila kita buka di laptop, maka kita akan menemukan apa yang kita cari.

dok.pri
dok.pri

4. Klik tetap di sini.

Bapak dan Ibu akan melihat tampilan isi Perencanaan Kinerja, dan dapat melihat alur pengelolaan kinerja, mulai dari bulan Januari hingga bulan Juni karena Rencana Kinerja dibuat per semester.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun