Mohon tunggu...
ERNIA TIAN FAUZIAH
ERNIA TIAN FAUZIAH Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah guru di SDN 1 PUCANGANAK, Trenggalek Jawa Timur. Saya adalah pribadi yang suka membaca terutama buku yang berkaitan dengan pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

5 Desember 2022   04:41 Diperbarui: 5 Desember 2022   04:48 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum wr.wb.

Saya Ernia Tian Fauziah Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek. Di jurnal dwi mingguan ini,  saya menulis mengenai refleksi saya mengenai kegiatan-kegiatan pelatihan yang sudah saya lalui, khususnya pada modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya berpedoman pada model 4F, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yang mencakup: 1) Fact; 2) Feeling; 3) Findings; dan 4) Future. Berikut ini pemaparannya:

 1. Facts (Peristiwa)

Setelah saya melalui modul 1.1 dan 1.2, saya melanjutkan untuk mempelajari modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Pada tanggal 22 November 2022 saya mengawali modul 1.3 dengan kegiatan mulai dari diri eksplorasi konsep-mandiri. Pada kegiatan mulai dari diri, CGP diminta untuk memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid dengan membuat "gambar" yang bertemakan "Imajiku tentang murid di masa depan". Dalam gambar tersebut, CGP diminta menyertakan lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana yang dicita-citakan. 

Selanjutnya di tanggal 23 November 2022 pada eksplorasi konsep-Forum diskusi saya dan teman-teman CGP berbagi visi murid impian dengan menjawab pertanyaan pemandu untuk pemapar: Apa dan mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi? Disini saya memaparkan alasan pentingnya harapan saya untuk dijadikan visi. Visi yang saya buat adalah Menjadi guru yang mewujudkan Sumber Daya Murid yang berakhlak mulia, kreatif, cakap, terampil serta inovatif. 

Selain itu kami juga berdiskusi mengenai pertanyaan pemandu untuk penyimak: Apa (sudut pandang, kalimat yang digunakan, harapan) yang dapat saya apresiasi dari visi rekan saya? Pada kegiatan ini antar CGP saling memberikan pendapat, umpan balik kepada rekan CGP lain minimal dua orang. Berikutnya, masih dalam eksplorasi konsep-Forum diskusi antar CGP kami saling berbagi tugas tentang kesimpulan Inkuiri Apresiatif. Pada tanggal 25 November 2022 dan 28 November 2022 saya bersama teman CGP lainnya melakukan kegiatan diskusi di ruang kolaborasi. Kolaborasi pertama kami mendapatkan tugas kelompok untuk menyepakati satu visi dan satu prakarsa perubahan seta menjabarkannya dengan tahaapan BAGJA. 

Kami diberi waktu 90 menit oleh fasilitator , Bapak Sutarji. Selanjutnya di ruang kolaborasi kedua masing-masing kelompok. 134 A dan 134 B mempresentasikan hasil diskusinya. Sementara kelompok lain memberi tanggapan/ pertanyaan. Alhamdulillah presentasi dan diskusi berjalan lancar. Masing-masing kelompok saling memberikan pendapat, sharing sehingga setiap orang dalam satu kelompok aktif menjalankan tugasnya masing-masing. Pada tanggal 29-30 november kita harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya. 

Dan pada tanggal 1 Desember saya dan teman CGP lain gmeet dengan Instruktur Drs, HM. IMRON ROSYADI, MM. dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna,kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , serta membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan.

2. Feelings (Perasaan)

Perasaan saya saat mempelajari dan mengerjakan tugas di modul 1.3 ini adalah awalnya saya bingung dengan istilah inkuiri apresiatif, BAGJA, ATM serta ATAP. Setelah saya mempelajari lebih lanjut dan saling berdiskusi dengan teman CGP serta fasilitator dan pengajar praktik saya menjadi tahu keterkaitan masing-masing dan manfaat yang dihasilkan jika kita benar-benar menerapkannya. Selain itu, saya menjadi lebih bersemangat lagi dan semakin mantap untuk membawa perubahan bagi sekolah saya melalui visi yang saya impikan.

3. Findings (Pembelajaran)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun