Mohon tunggu...
Erna Rahayu
Erna Rahayu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru madrasah yang sedang belajar menuliskan ide dan gagasan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

P5PPRA MTsN 1 Bantul Manfaatkan Limbah Menjadi Kreasi Menarik

20 Mei 2024   10:37 Diperbarui: 20 Mei 2024   10:51 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kreasi dari limbah kain dan plastik (dok pribadi)

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- MTs Negeri 1 Bantul melaksanakan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA) untuk siswa kelas VII pada Senin-Jumat (13-17/05/2024). P5PPRA semester genap ini mengambil tema "Gaya Hidup Hidup Berkelanjutan".

Koordinator P5PPRA, Asih Budiati menjelaskan tujuan pengambilan tema ini adalah membangun kesadaran siswa untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, serta mencari solusi dari masalah lingkungan adalah fokus utama tema ini. Salah satu masalah yang ada adalah sampah non organik yang sering dijumpai. "Proyek kali ini mengajak siswa melakukan pengelolaan sampah di lingkungan sekitarnya khususnya sampah non organik," ungkap Asih Budiati.

Sebelum melaksanakan proyek siswa mendapatkan materi tentang bagaimana cara mengolah limbah kain bekas handuk menjadi vas bunga dan mengolah limbah plastik menjadi bunga yang cantik dari nara sumber yang berkompeten. Tindak lanjut dari materi ini adalah setiap kelas membuat vas bunga beserta bunganya dari limbah yang nantinya akan ditampilkan dalam gelar karya. Setelah menerima materi semua siswa berbagi tugas dan berdiskusi tentang produk yang akan dibuat.

Proses pembuatan vas dari kain dan semen (dok pribadi)
Proses pembuatan vas dari kain dan semen (dok pribadi)

Hari kedua sampai hari keempat siswa bekerja dalam kelompok membuat karya sesuai tema dengan kreativitas masing-masing. Dan pada hari kelima hasil projek tersebut dipamerkan dalam acara gelar karya P5PPRA. "Alhamdulillah pelaksanaan P5PPRA berlangsung lancar dan menghasilkan produk yang menarik dan bermanfaat", ungkap Kepala Madrasah Sugiyono dalam sambutannya. (fz)


Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun