Bungo - Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dengan menghadirkan program edukatif berjudul "Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa". Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 166/ II Tirta Mulya dan bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi serta minat baca di kalangan siswa sejak usia dini.
Membangun pojok baca bukan soal besar atau mewah, tapi soal menciptakan ruang yang menginspirasi dan mendekatkan siswa dengan dunia literasi. Dengan pojok baca, kita bisa mulai dari hal kecil yang berdampak besar: mencerdaskan diri sendiri dan orang di sekitar, serta menumbuhkan kebiasaan membaca yang positif.
Pendidikan dasar merupakan fondasi utama dalam membentuk kemampuan berpikir,berkomunikasi, dan berkreasi peserta didik. Salah satu indikator penting keberhasilan pendidikan dasar adalah tingkat literasi dan kreativitas siswa. Namun, dalam praktiknya,
tantangan dalam meningkatkan literasi terutama minat baca, menulis, serta kemampuan berpikir kritis masih menjadi permasalahan yang cukup nyata di berbagai sekolah dasar, khususnya di daerah yang belum mendapatkan dukungan pembelajaran yang memadai. Maka dari itu mari bersama membangun budaya "LITERASI"
Literasi adalah fondasi penting dalam dunia pendidikan. Kemampuan membaca dan memahami informasi tidak hanya menunjang proses belajar di sekolah, tetapi juga membentuk karakter anak menjadi individu yang kritis, terbuka, dan berpikiran luas.
merancang dan melaksanakan program yang inovatif dan berdampak langsung kepada masyarakat, termasuk lingkungan sekolah dasar.
Tujuan dari pembuatan pojok baca ini adalah:
- Menyediakan ruang yang ramah dan kondusif bagi siswa untuk membaca di dalam kelas
- Meningkatkan minat dan budaya literasi di kalangan siswa sekolah dasar
- Mengedukasi siswa bahwa membaca bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukan paksaan
- Meningkatkan keterlibatan siswa dalam merawat fasilitas kelas secara kolektif
1. Identifikasi Ruang dan Kebutuhan
Kami memulai dengan mengamati kondisi kelas, lalu menentukan sudut ruangan yang bisa disulap menjadi pojok baca tanpa mengganggu kegiatan belajar-mengajar.
2. Pengumpulan Sumber Daya
Buku yang kami kumpulkan beragam: cerita anak, fabel, komik edukatif, dan buku cerita bergambar.