Mohon tunggu...
Erlina Shinta Wati
Erlina Shinta Wati Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030073

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030073

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Belanja Online Harga Miring, Untung atau Buntung?

20 Mei 2021   20:36 Diperbarui: 20 Mei 2021   21:06 132 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belanja Online Harga Miring, Untung atau Buntung?
(ilustrasi) sumber: kochiesbusinessbuilders.com

Belum lama ini, jagat media sosial dihebohkan dengan viralnya video seorang emak-emak dan anaknya yang mengomel ke kurir karena barang yang ia beli tidak sesuai dengan harapan nya.

Tentu saja hal ini mengundang para netizen untuk membagikan opininya masing-masing. Sebagai orang yang sering belanja online, saya pun kesal jika barang yang saya terima tidak sesuai dengan ekspestasi. Namun, marah-marah ke kurir pun bukan menjadi solusi yang tepat karena seorang kurir tugasnya hanya mengantar paket.

Jadi kalau gini salah siapa dong? seller nya? atau pembelinya ?

Sebagai seorang seller sekaligus buyer, saya punya opini tersendiri terhadap hal ini. Kalian bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini agar para seller ataupun buyer sama-sama diuntungkan dan tidak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli.

Tips untuk seller (penjual)

Sebagai seorang penjual, tentunya kita ingin produk yang kita jual diminati banyak pembeli dan selalu laris. Nah gimana sih caranya supaya produk kita 'eye cathing' atau produk yang kita jual selalu 'dilirik' oleh pembeli?

Yang pertama, sebagai seorang penjual kita harus jujur tentang apapun yang kita jual. Jangan mencuri foto produk orang lain. Mentang-mentang foto produknya bagus, terus kamu pake deh buat foto produkmu, padahal produk yang kamu jual berbeda dengan foto yang kamu tampilkan. Nah! yang gini-gini nih yang bikin ribut pembeli, karena barang yang sampai ga sesuai sama yang ditampilkan.

Dengan adanya persaingan yang ketat antar penjual di marketplace, tentunya foto produk merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan kegiatan jual beli disini. Karena pasti yang pertama kali dilihat oleh para pembeli adalah fotonya. ketika memasang foto produk di marketplace, sebisa mungkin diusahakan memakai hasil fotomu sendiri supaya para pembeli tidak merasa tertipu ketika menerima barang, karena foto yang ditampilkan sesuai dengan barang yang mereka terima.

Tips agar produk yang kamu jual 'dilirik' oleh pembeli yaitu tampilkan foto terbaik dari produkmu, tampilkan sisi unggul dari produkmu, ambil foto dari angel/sisi terbaik dari produkmu. Edit atau beri filter ( jangan berlebihan) agar foto nya terlihat 'aesthetic' dan beri frame warna atau tulisan yang menarik pembeli. Jika tidak bisa foto sendiri, kamu bisa menggunakan jasa photographer yang sesuai budget.

Selanjutnya, Lengkapi deskripsi produk. Tulis merek, jenis, material, warna, ukuran, kualitas, serta manfaat dan keunggulan produk dibanding yang lain. Tulis deskripsi secara lengkap dan jangan bertele-tele. Jika ada pembeli yang bertanya tentang produkmu, jawablah dengan ramah dan sopan. Sebisa mungkin fast respon untuk mencegah pembeli kesal dan beralih ke toko lain jika terlalu lama membalas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN