Mohon tunggu...
Erika Nur Khasanah
Erika Nur Khasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta jurusan Administrasi Publik 2019

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun Penentu Kualitas Pendidikan di Indonesia?

21 Juli 2021   00:13 Diperbarui: 21 Juli 2021   00:17 159 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun Penentu Kualitas Pendidikan di Indonesia?
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan yang memiliki mutu serta kualitas tinggi sangatlah dibutuhkan saat ini bagi perkembangan setiap manusia di seluruh dunia. Saat ini seluruh negara berlomba-lomba untuk mengembangkan pendidikannya masing-masing,terasuk di Indonesia. 

Banyak yang berpendapat bahwa dengan adanya pendidikan yang baik maka  kualitas negara tersebut akan baik pula. 

Pendidikan merupakan salah satu bentuk investasi bagi anak untuk masa mendatangnya, mengapa demikian dikarenakan pendidikan yang dilakukan oleh seseorang saat ini dapat menjadi tolak ukur dalam kehidupan pekerjaannya nanti saat anak tersebut sudah beranjak dewasa.

Banyak program pemerintah Indonesia yang dilakukan sebagai bentuk upaya menunjang pendidikan salah satunya adalah program wajib belajar 12 tahun yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan pemerintah republik Indonesia nomor 47 tahun 2008 tentang wajib belajar. 

Didalam peraturan tersebut disebutkan bahwa program ini merupakan program pendidikan minimal yang harus diikuti oleh setiap anak yang merupakan warga Indonesia atas dasar tanggung jawab pemerintah maupun pemerintah daerah.

Dengan adanya program ini pemerintah berharap akan adanya perluasan dan pemerataan bagi setiap warga negara Indonesia dalam mengenyam dunia pendidikan. Program ini juga diniali mampu dalam upaya mencegah perkawinan anak usia dini yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini.

Program pendidikan wajib belajar 12 tahun ini didalamnya terdapat suatu bantuan operasional pendidikan yang dapat menunjang sarana dan prasarana pendidikan. Bantuan ini dapat diguakan untuk membeli peralatan sekolah mulai dari seragam, sepatu, buku, dan lain sebagainya. 

Adanya program ini juga melarang sekolah-sekolah swasta maupun negri memungut biaya dalam bentuk apapun dan dalam jumlah berapapun karena semua biaya pendidikan telah sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. 

Sekolah hanya perlu memfasilitasi mulai dari ruang belajar, tenanga pendidik dan lain sebagainya serta membantu program tersebut agar berjalan sebagaimana mestinya harus dilakukan.

Disegala sesuatu yang dijalankan pastilah ada hambatan, begitu pula dalam tahap mengimplementasikannya program ini terdapat banyak sekali hambatan mulai dari hambatan dari luar maupun dari dalam.

Hambatan dari luar diantaranya bersumber pada anak serta orang tuanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan