Mohon tunggu...
Humaniora

Ini Dia Cara Menghilangkan Sablon di Kaos

29 Maret 2018   08:24 Diperbarui: 24 April 2018   09:27 9760 0 0 Mohon Tunggu...

Setelah membahas tentang rekomendasi tempat sablon di Surabaya, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan sablon di kaos.

Bagi  Anda yang sedang mencari tahu tentang cara menghilangkan sablon pada kaos hingga tak berbekas dan juga mudah, maka Anda dapat mengikuti langkah langkah untuk menghilangkan sablon pada kaos yang akan kami ulas berikut ini.

Sebelum mengetahui langkah langkah menghilangkan sablon pada kaos, maka kenali terlebih dahulu jenis tinta sablon apa yang menempel pada kaos Anda. Ya, tinta sablon ini memang beragam macamnya mulai dari jenis poilyflex, rubber, pigmen, plastisol, dan foil.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan sablon pada kaos sesuai dengan jenis tinta sablon. Diantaranya adalah :

Polyflex

Untuk menghilangkan sablon jenis polyflex, maka Anda perlu menyiapkan alcohol, setrika dan juga kain untuk menghilangkan sablon pada kaos Anda. Langkah pertama adalah panaskan setrika selama 3 hingga 5 menit dan kemudian letakkan kain diatas kaos yang akan dihilangkan sablonnya. Hal ini bertujuan agar setrika tidak langsung mengenai sablon yang tentnya dapat berakibat rusaknya kaos Anda. Kemudian tempelkan setrika yang telah panas diatas lembaran kain tersebut. Diamkan selama 5 hingga 7 menit. Lalu angkat setrika dan oleskan alcohol pada sablon yang masih panas. Setelah itu, sablon dengan tinta polyflex ini akan mengerut dan dapat Anda hilangkan dengan cara mencuci kaos tersebut.

Rubber, Pigmen, Plastisol, dan Foil

Untuk menghilangkan sablon jenis rubber, pigmen, plastisol dan foil ini, maka Anda perlu membeli cairan M3 atau M4. Ya, keempat jenis tinta sablon tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan cairan M3 atau M4 yang dapat Anda beli dengan mudah yakni di toko perlengkapan sablon. Selain menyiapkan cairan M3 atau M4, sediakan juga kain kering dan bersih beserta sikat gigi ataupun sikat baju. Langkah pertama adalah mengoleskan cairan M3 atau M4 pada tinta sablon dengan menggunakan kain kering dan bersih pada kaos Anda, kemudian gunakan sikat gigi atau sikat baju pada area kaos yang terdapat sablon. Sikat hingga lem pada sablon menghilang. Langkah terakhir adalah mencuci hingga bersih.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan sablon pada kaos sesuai dengan jenis tinta sablon yang digunakan. Sebaiknya, Anda menggunakan sarung tangan ketia mengoleskan cairan kimia seperti alkohol dan cairan M3 atau M4 . Sebab, kedua cairan tersebut bersifat sangat keras sehingga dapat menyebabkan kulit tangan Anda mengalami iritasi.

VIDEO PILIHAN