Mohon tunggu...
Erenzh Pulalo
Erenzh Pulalo Mohon Tunggu... Musisi - Memanfaatkan Waktu untuk Menulis

Manfaat waktu untuk menulis

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Dermaga Khalkote dan Pusat Perhatiannya

20 Agustus 2021   11:45 Diperbarui: 20 Agustus 2021   11:46 152 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dermaga Khalkote dan Pusat Perhatiannya
Foto Dermaga Khalkote, dokpri

Setiap wilayah yang berada diseberang danau, laut atau sungai sangat membutuhkan yang namanya dermaga.

Dermaga merupakan tembok rendah yang memanjang di tepi pantai menjorok ke laut di kawasan pelabuhan (untuk pangkalan dan bongkar muat barang), atau tempat kapal untuk berlabuh di pelabuhan untuk membongkar muatannya atau sebuah tembok untuk penahan ombak (di pelabuhan).

Kali ini kita melihat salah satu dermaga yang merupakansalah satu pelabuhan bagi beberapa kampung di pinggiran danau Sentani.

Dermaga tersebut ialah dermaga khalkote yang berada di pinggiran danau Sentani letaknya di kampung harapan distrik Sentani timur kabupaten Jayapura.

Perlu di ketahui dermaga khalkote ini beberapa tahun terakhir selalu diadakan festival danau Sentani (FDS). Dimana kebudayaan setiap kampung di kabupaten Jayapura dan kota Jayapura, kabupaten - kabupaten di Papua bahkan diluar Papua dan luar negeri yang menampilkan tari - tarian, hasil kerajinan tangan, dan juga kuliner selalu ditunjukkan di festival ini.

Festival Danau Sentani (FDS) pertama kali berlangsung tahun 2007 dan saat ini telah masuk ke dalam kalendar pariwisata utama Indonesia. Festival yang banyak menarik perhatian wisatawan asing, seperti Belanda, Australia, Inggris, Jerman, dan wisatawan lokal ini merupakan pagelaran yang sangat meriah. Anda akan terpesona dengan beragam tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi (kepala adat), hingga sajian berbagai kuliner khas Papua.

Dermaga khalkote selalu menjadi pusat perhatian bagi para pengunjung hingga saat ini. Selain wisatawan asing juga wisatawan nasional dengan bermodal perahu Jonson para wisatawan selalu mengilingi pinggiran danau Sentani.

Selain menjadi tempat wisatawan, dermaga khalkote juga menjadi pelabuhan bagi masyarakat khususnya yang bermukim di distrik Sentani timur. Seperti masyarakat kampung Ayapo, kampung Asei, kampung Yallo, dan beberapa kampung lainnya.

Foto Dermaga Khalkote, dokpri
Foto Dermaga Khalkote, dokpri

Di dermaga ini selalu tersusun penuh dengan beberapa jenis perahu, seperti perahu jonson, perahu ketinting dan speed.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan