Mohon tunggu...
Erik sadewa
Erik sadewa Mohon Tunggu... Sekolah tinggi pariwisata trisakti

­čôÜMahasiswa Penerima Beasiswa Kemendikbud RI Progam Studi D4 Perhotelan 2019 STP Trisakti.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Kelok Sembilan

11 Juni 2020   10:08 Diperbarui: 11 Juni 2020   10:12 32 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelok Sembilan
oyamagz.com

BISMILLAH...

Kelok sembilan berasal dari daerah sumatra barat kelok sembilan memiliki keindahan yang membuat orang orang yang ingin pergi ke daerah sumatra barat berhentidi kelok sembilan dan berfoto di tempat tersebut.

Untuk datang ke kelok sembilan bisa menempuh waktu dengan 3 jam dengan sepeda motor jika dari Pekanbaru, selama perjalanan anda akan merasa takjub dengan keindahan mulai dari tebing,jurang dan danau. Perjalanan sangat panjang dan kebanyakan jalannya belok belok,tanjakan,dan turunan karna jalan yang di tempuh harus melewati gunung,

Kelok sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak di sekitar 30 km sebelah imur dari kota  payakumbuh, sumatra barat menuju provinsi riau. Jalan ini membentang 300 meer di jorongulu air, negari harau. Dan merupakan jalan penghubung lintas tengah sumatra dan pantai timur sumatra.

Jalan ini banyak memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbattasan dengan jurang, dan diapit dengan dua perbukitan diatara dua cugar alam (cagar alam air putih dan cagar alam harau). Di sekitar kelok sembilan dibangun jembatan 2,5 km. Jembatan ini membentang meliuk menyusuri dua dinding bukit dengan tinggi tiang jembatan  mencapai 58 meter.

Dan di atar jembatan banyak orang orang yang berjualan seperti sate padang,jagung bakar,nasi goreng,mie, pop mie ada banyak lagi makanan yang di jual oleh peduduk sekitar  dan juga banyak orang yang menawarkan foto langsung jadi dengan harga Rp 10.000 perlembar.

Jembatan ini di resmikan pada tahun 2013 oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono, jalan ini dibangun tahun 1908-1914 jalan penghubung antara provinsi RIAU ke SUMATRA BARAT  dan sekarang dalam keadaan pademi ini jembatan ini jarang di lewati orang di karnakan penjagaan PSBB di antara pangkalan, dan sikit mobil yang bisa lewat dengan surat izin bebas jalan.

Hanya truk pengangkut pasir atau batu atau mobil mobil yang berkepentingan yang diizinkan lewat . tetapi saat psbb telah selesai jalan ke kelok sembilan kembali ramai dengan orang orang yang ingin berfoto atau dengan orang orang yang ingin pergi ke sumatra barat.

Jika teman teman penasaran dengan keindahan kelok 9 datanglah dan nikmati perjalan kalian juga bisa sekalian ke kota bukit tinggi dan padang. Sekian kisah kelok sembilan dari saya terima kasih....

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x