Mohon tunggu...
Epicer Ndruru
Epicer Ndruru Mohon Tunggu... foto pribadi

Dewan Pimpinan Cabang PMKRI Cabang Nias Periode 2018-2020

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mari Berbenah Menuju New Normal

23 Juni 2020   06:59 Diperbarui: 23 Juni 2020   07:08 59 0 0 Mohon Tunggu...

New normal adalah suatu pengoptimalan keadaan menjadi seperti yang sebelumnya. Oleh karena itu, pemerintah mengajak masyarakat untuk selalu hidup sehat supaya terhindar dari covid-19 yang sedang melanda negara Indonesia dan dunia saat ini.  Mari terus dukung  langkah pemerintah dan mengikuti protokoler  kesehatan dengan selalu menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak guna memutusan penyebaran virus yang sedang marak ini.

Dengan keadaan saat  ini pasti masyarakat memiliki keresahan dan kegelisahan setelah diberlakukannya new normal, karena orang  luar daerah dapat memasuki daerah kepulauan yang masih mendapat sebutan hijau misalnya pulau Nias, maka ini menjadi ancaman bagi masyarakat kepulauan Nias. Kenapa ? kalau kita lihat, tibanya covid-19 di Nias itu salah satu penyebabnya kedatangan orang dari luar daerah masuk ke kepulau Nias.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada pemerintah daerah sebagai gugus depan supaya lebih memperketat protokol kesehatan baik di pelabuhan maupun di bandara, lebih fokus memperhatikan masyarakat yang masuk kepulauan Nias karena kenapa sejauh ini dalam pengelihatan masyarakat  protokol kesehatan di pelabuhan hanya sebatas mengecek suhu tubuh para penumpang dan melihat surat keterangan kesehatan kemudian kita tidak tau apa tindakan lebih lanjut yang mesti dilakukan oleh gugus depan kepada  penumpang tersebut.

Satu lagi yang menimbulkan keresahan masyarakat  dengan adanya new normal ini bagaimana jika anaknya ke sekolah apakah pemerintah daerah menyediakan fasilitas sesuai protokol kesehatan disetiap lembaga pendidikan ? 

pada realita saat ini seperti di Kampus yang memeriksa mahasiswa adalah satpam tentunya kita bertanya dalam hal itu sejauh manakah kepedulian pemerintah daerah dalam hal ini. Kenapa satpam? tanpa melihat gejala lain mereka mengizinkan mahasiswa untuk masuk kampus bermodalkan pengecekan suhu tubuh. bagaimana kebijakan pemerintah daerah dalam hal itu ?

Tentunya dalam kondisi saat ini sebelum pemerintah mengadakan new normal ini benar  sudah memikirkan apa saja yang perlu disiapkan dalam mendeteksi orang - orang yang sudah terdampar covid-19 sehingga masyarakat Nias terhindar dari ancaman virus yang berbahaya ini.

Dari semua kegelisahan dari masyarakat tersebut diatas. Tidak terlepas peran pemerintah untuk menjawabnya, karena gugus depan lah yang tau segala keadaan masyarakat yang sesungguhnya.

Dengan demikian pemuda juga tidak ada salahnya jika kita mendukung pemeritah daerah dalam memutus penyebaran covid -19 melalui pertanyaan apa saja tahap -- tahap yang dilakukan pemerintah daerah  dalam menanganani pandemi agar ada kepastian dan kelegahan hati masyarakat dengan ketanggasan pemerintah daerah kita ini.

Jika pemuda melakukan hal itu maka anggaplah sebagai partisipasi kita dalam mendukung kegiatan pemerintah daerah dalam memutus penyebaran covid - 19 melalui penerapan protoler kesehatan.

Penulis

EPICER NDRURU

  

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x