Mohon tunggu...
Enny Ratnawati A.
Enny Ratnawati A. Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis yang disukai, Menulis untuk membawa manfaat

Enny Ratnawati A. -- Writerpreneur, Social Worker --- Tulisan santai dan serius juga ada di https://www.ennyratnawati.com/ --- Contact me : ennyra23@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Prinsip Pertemanan di Kantor yang Wajib Disadari

24 Oktober 2023   16:18 Diperbarui: 3 November 2023   17:08 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi pertemanan di kantor (sumber foto: Glints)

Pertemanan di kantor seringkali penuh misteri. Boleh berkawan dengan siapa saja tapi tetap perhatikan batasan-batasannya.

Tidak bisa kita pungkiri, kantor, selain bekerja kita pasti akan menemukan juga yang namanya rekan kerja,teman kantor bahkan sahabat di kantor. Ketiganya kata orang mempunyai perbedaan.

Rekan kantor lebih kepada teman kantor dalam urusan pekerjaan-pekerjaan rutin ataupun tidak rutin di kantor. Intinya hubungannya hanya sebatas pekerjaan saja dan tidak ada hubungan di luar pekerjaan.

Nah teman kantor lain lagi.Biasanya selain urusan pekerjaan, teman ini bisa juga di luar urusan jam kerja. Misalnya teman nongkrong bareng, teman nonton bioskop bareng dan aktivitas lainnya di luar jam pekerjaan. Biasanya lagi, teman kantor yang mengikuti kegiatan setelah jam kerja, tidak cuma 1-2 orang tapi beberapa yang punya minat dan niatan yang sama untuk sekedar melepas lelah usai bekerja.

Tidak jarang, sesama teman kantor ini juga mengadakan perjumpaan lagi di kala weekend atau hari libur. Entah bentuknya piknik bersama keluarga atau sekedar mengadakan arisan bersama dari rumah ke rumah. Kalau sudah berkeluarga, bisa jadi arisannya melibatkan keluarga juga. 

Sahabat di kantor bisa lebih dari teman biasa. Tempat berkeluh kesah khususnya soal pekerjaan bahkan kadang-kadang saling tahu sama tahu urusan yang lebih pribadi. Kadang jadi teman makan siang yang menyenangkan juga.

Tak jarang juga saling tolong menolong, baik urusan pekerjaan sampai urusan di luar pekerjaan. Termasuk, bisa jadi saling meminjamkan uang di kala yang satu dalam kesulitan. Tentu ada unsur kepercayaan di dalamnya sehingga tidak menunggak dan memutus silaturahmi hehe.

Namun tulisan ini, kita fokus dengan pertemanan di kantor saja. Jadi mereka yang disebut teman ini, bukan sekedar rekan saja tapi juga tak masuk dalam kategori sahabat di kantor. Posisinya biasa-biasa saja dalam pertemanan

Ada 5 hal prinsip pertemanan di kantor yang wajib disadari siapapun yang aktivitas sehari-harinya di kantor :

* Jaga hubungan baik dalam pertemanan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun