Mohon tunggu...
Enny Ratnawati A.
Enny Ratnawati A. Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis yang disukai, Menulis untuk membawa manfaat

Enny Ratnawati A. -- Writerpreneur, Social Worker --- Tulisan santai dan serius juga ada di https://www.ennyratnawati.com/ --- Contact me : ennyra23@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Persiapan Melepas Anak Kuliah ke Luar Daerah

22 Maret 2022   12:08 Diperbarui: 27 Maret 2022   20:15 1680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi harapan setelah mengikuti UTBK SBMPTN. (sumber: Thinkstock via kompas.com)

Melepas anak ke luar daerah, entah itu beda provinsi atau malah ke luar negeri, tentu bukan perkara mudah. Perlu persiapan materi dan mental baik buat orang tua maupun buat anak.

Dilepas kuliah keluar daerah, pernah saya alami puluhan tahun lalu. Saat itu, saya lulus SMA dan berkeras hati buat kuliah di pulau Jawa. 

Sebenarnya buat orang-orang di daerah kami, Kalimantan Selatan, hal biasa saja anak kuliah dan dikirim ke pulau Jawa, karena dianggap lebih maju. Apalagi 20 tahun lalu !

Namun tetap sih saat itu ada pertentangan. Almarhum ayah saya tetap ingin saya kuliah di daerah saya saja. Ibu saya juga demikian.Namun entah kebanyakan pegaruh teman-teman SM A saat itu, saya bersikukuh kuliah di luar daerah. Akhirnya orang tua saya setuju.

Sayapun berangkat bersama teman-teman sekampung. Sekitar 10 orang dan sempat tinggal di asrama Kalsel untuk sementara. 

Namun, rejeki saya bukan di jurusan kuliah yang diincar  dan PTN ternama. Alhamdulillah saya tetap berkuliah di universitas swasta (PTS)  terkenal walau biayanya cukup mahal.

Meskipun berangkat bersama teman-teman, ayah saya tak lepas tangan. Beliau sempat menyusul bahkan kemudian mencarikan kost yang cocok dengan saya. 

Walau hanya satu tahun di kost yang cukup mahal  tersebut dan tahun kedua saya sudah bisa mencari lagi kost yang harganya jauh lebih murah

Orang tua saya juga sangat support selama bekuliah di luar daerah. Support mereka yang paling keren antara lain tidak pernah telat mengirim uang saku bulanan, meskipun tak sebesar teman-teman saya tapi selalu bisa saya cukupkan.

Kalau sedang dinas ke pulau Jawa, ayah saya yang PNS juga selalu menyempatkan mampir di kota tempat saya kuliah dan mentraktir tempat makan yang mungkin tak terjangkau oleh anak kost.. Benar-benar kenangan, yang tak terlupakan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun