Mohon tunggu...
Enjang Kusnadi
Enjang Kusnadi Mohon Tunggu... Dosen - Belajar dan Mengajar

Teman Sejati Selalu Menemani

Selanjutnya

Tutup

Atletik Pilihan

Profil Mutaz Barshim dan Gianmarco Tamberi yang Rela Juara Bersama di Olimpiade Tokyo

2 Agustus 2021   09:34 Diperbarui: 2 Agustus 2021   19:57 760 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Profil Mutaz Barshim dan Gianmarco Tamberi yang Rela Juara Bersama di Olimpiade Tokyo
Mutaz Barshim dan Gianmarco Tamberi merayakan medali emas Lompat Tinggi Olimpiade Tokyo pada Minggu, 1 Agustus 2021 (Sumber: BBC)

Drama mengharukan terjadi di gelanggang atletik Olympic Stadium Tokyo pada Minggu (1/8/2021), saat Atlet Qatar Mutaz Barshim dan Gianmarco Tamberi dari Italia didaulat menjadi juara bersama Lompat Tinggi putra Olimpiade Tokyo 2020.

Gelar juara atletik nomor Lompat Tinggi putra Olimpiade Tokyo 2020 diberikan kepada dua atlet yang bersaing, Mutaz Barshim dari Qatar mendapat medali emas dan Gianmarco Tamberi dari Italia juga mendapat medali emas, sementara medali perunggu jatuh kepada Maksim Nedasekau dari Belarusia.

Keputusan tersebut diambil setelah ofisial pertandingan mencatat nilai kedua atlet itu benar-benar sama dengan lompatan tertinggi 2,37m dan tanpa mengalami kegagalan pada lompatan sebelumnya.

Sebenarnya peraih medali perunggu, Maksim Nedasekau juga berhasil melewati mistar setinggi 2,37m, namun atlet asal Bulgaria itu sempat mengalami kegagalan pada lompatan sebelumnya.

Hal yang menjadi luar biasa dalam kejadian langka itu ketika keputusan diambil begitu mudah dan singkat. Setelah ketiga pelompat tinggi gagal melewati mistar setinggi 2,39m dengan tiga kali lompatan, ofisial pertandingan datang menemui Barshim dan Tamberi di tengah lapangan.

Setelah menjelaskan posisi nilai mereka seri, ofisial olimpiade bertanya kepada kedua atlet, apakah diperlukan loncatan lagi untuk memutuskan siapa yang berhak menjadi juara alias meraih medali emas.

Namun pertanyaan ofisial pertandingan tersebut dijawab aneh oleh Mutaz Barshim, sementara Gianmarco Tamberi hanya terdiam disamping Barshim.

"Bisakah kita memiliki dua medali emas?," Barshim balik bertanya kepada ofisial olimpiade tersebut, sebagaimana dilaporkan BBC pada Minggu (1/8/2021).

Ofisial pertandingan mengangguk dan hanya berkata, "Jika anda setuju untuk membaginya".

Mendengar jawaban ofisial olimpiade tersebut, kedua atlet pun langsung berpelukan saling memberi selamat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN