Mohon tunggu...
Eni Konita Konita
Eni Konita Konita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hiduplah dengan caramu sendiri

Tidak akan pernah bisa mengalahkan dirimu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Gadget di Pendidikan Anak Usia Dini

5 Juli 2022   21:55 Diperbarui: 5 Juli 2022   22:34 37 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengunaan gadget di pendidikan anak usia dini 

Teknologi pada masa sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap individu pada kehidupannya. Perkembangan yang semakin pesat serta cepat sebagai akibatnya membuat teknologi semakin canggih serta simpel. Teknologi berupa gadget bisa dimiliki siapapun termasuk anak usia dini sehingga pengguna gadget tidak kalah cerdasnya dengan para remaja dan orang dewasa. 

Gadget ialah sebuah perangkat atau instrumen elektronik yang memiliki tujuan serta fungsi praktis terutama untuk membantu manusia. 

Fungsi yang mudah dari gadget sebagai bantuan teknologi yang mempermudah kegiatan manusia supaya tidak memakan waktu yang lama . Gagdet merupakan galat satu bentuk nyata dari berkembangnya iptek pada zaman sekarang, hal ini sangat mempengaruhi pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir maupun perilaku. dampak pada pola pikir manusia karena melalui gadget bisa menemukan informasi yang sangat cepat bagi anak.

pada masa pademi pendidikan di Indonesia mulai menggunakan gadget sebagai  sarana pembelajaran dirumah. Tak bisa kita pungkiri pada awalnya pendidikan yang dilaksanakan tatap muka kini berlangsung melalui gadget, entah guru memberikan pembelajaran berupa video pembelajaran melalui gadget tersebut.  

para pendidik atau pengajar menggunakan gadget sebagai sarana pembelajaran jarak jauh. Gadget Bila dipergunakan dikalangan anak paud dapat memberikan kecerdasan pada kognitifnya karena gadget bisa difungsikan dengan baik sebagai sarana yang melengkapi proses pembelajaran. 

dampak penggunaan gadget dapat memberikan akibat yang baik bagi pengajar juga bagi anak didik, apalagi anak didik paud, 

selain penggunaan gadget yang memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan pemberlajaran gadget pula mampu membuat anak suka  pada proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang menggunakan gadget ada gambar, bunyi, warna yang menarik sehingga  anak tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru dikelas. 

Berdasarkan Kementerian perindustrian  Republik  Indonesia  memperkirakan  keberadaan  revolusi  industri membawa  beberapa  dampak  pada  proses  industri  dan   kehidupan  manusia  seperti inovasi, daya saing, pengelolaan, keamanan serta pengunaan teknologi. 

Sehubungan menggunakan itu,  perlu  antisipasi  cepat  menghadapi  revolusi  industri  4.0  yg  akan  serba  digital  ke depan,  salah  satunya  di  bidang  industri  kecil  serta  menengah,berdasarkan Kementerian  Perindustrian    bahwa  pemanfaatan  teknologi  digital  dapat  memacu produktivitas serta  daya  saing bagi industri kecil dan   menengah  agar mampu untuk menggunakan gadget supaya memiliki dampak yang positif, 

kita sebagai orang tua kita wajib  mempunyai pencerahan di penggunaan gadget yang tidak berlebihan serta juga mengerti akan pentingnya gadget hanya sebatas sarana pembelajaran yang bisa menarik bagi anak maka akan berdampak positif bagi anak pada era revolusi industri 4.0. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan