Mohon tunggu...
Enggar FitriNurlaili
Enggar FitriNurlaili Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Covid-19 UNS 2020: Lawan Corona dari Rukun Tetangga

10 Juli 2020   14:58 Diperbarui: 10 Juli 2020   15:07 33 1 0 Mohon Tunggu...

Tahun 2020 ini dunia sedang dilanda masa pandemi akibat dari adanya virus Covid-19. Sejak bulan Maret lalu Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak akibat penyebaran kasus Covid-19 ini yang semakin melonjak di Indonesia. Pada tanggal 6 Juli 2020 menurut gugus tugas Covid dan kementrian kesehatan bahwa positif dikonfirmasi sudah mencapai 64.958 jiwa. 

Maka dari itu seluruh masyarakat Indonesia wajib mematuhi Protokol kesehatan, guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Masyarakat harus membawa peralatan pribadi seperti masker, handsanitizer, sabun cuci tangan, alat ibadah, alat makan, dan lainnya ketika menjalankan aktifitas di luar rumah.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sebagai perguruan tinggi negeri di Solo ikut berpartisipasi pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia ini, dengan melaksanakan program pengabdian masyarakat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Enggar Fitri Nurlaili mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing lapangan (DPL) Bapak Agus Dwi Priyanto,S.S.,M.CALL melaksanakan kegiatan KKN di Dukuh Malangsari RT 03 RW 01, Desa Tempursari, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Tema KKN yang diambil oleh kedua mahasiswa ini adalah mengenai supporting pemahaman mengenai Covid-19 kepada masyarakat. 

“Adanya kegiatan KKN di lingkungan sekitar rumah di masa pandemi Covid-19 ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat menerapkan segala bentuk protokol kesehatan dengan baik dan continue” Jelas Enggar. 

Pendapat tersebut juga disetujui oleh Bapak Sutarmin selaku ketua RT 03 Dukuh Malangsari “kami sangat mendukung peran dari mahasiswa KKN UNS ini, dengan begitu warga jadi memahami apa saja protokol yang harus dilaksanakan dan larangan apa saja yang harus dihindari untuk mencegah penyebaran Covid-19”.

Program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Covid-19 di RT 03 Dukuh Malangsari ini antara lain pembagian masker dan handsanitizer kepada warga. 

Selain itu pemasangan fasilitas tempat cuci tangan, pemasangan banner, dan edukasi Covid-19 kepada warga melalui grup whatsapp. Kegiatan pertama adalah pemasangan banner yang berisikan mengenai informasi tentang apa itu covid-19, bagaimana penularan covid-19, bagaimana upaya pencegahan covid-19, dan bagaimana penerapan pola hidup sehat di tempat-tempat strategis yang sering dilalui oleh masyarakat sehingga dapat terbaca dan pesan-pesan yang ada tersampaikan. 

Kegiatan kedua adalah pembagian masker dan handsanitizer kepada masyarakat setempat. Enggar juga membagikan masker kepada setiap Kartu Keluarga (KK) di RT 03 RW 01  Dukuh Malangsari secara door to door. 

Selain masker, ada hand sananitizer yang dibagikan kepada warga yang harus bekerja keluar rumah. Selama membagikan masker dan handsanitizer Enggar juga memberikan sosialisasi mengenai bagaimana dan kapan saja penggunaannya.

dokpri
dokpri
Kegiatan lain adalah pemasangan fasilitas tempat cuci tangan di beberapa titik strategis di RT 03 Dukuh Malangsari. Selain itu, Enggar juga memberikan informasi apa saja mengenai Covid-19  kepada warga secara online melalui media grup whatsapp karangtaruna, dan ibu-ibu RT 03. Diharapkan dengan adanya kegiatan KKN oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini dapat memberikan pemahaman kepada  masyarakat untuk membantu memutus penyebaran Covid-19.  (enggar fitri nurlaili)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x