Mohon tunggu...
Arek Suroboyo
Arek Suroboyo Mohon Tunggu... Penulis - Soera Ing Baja

www.areksuroboyo.net

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Photography, Just Do It!

7 September 2013   03:22 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:15 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

"Fotografi adalah pikiran setiap komponen yang akan masuk ke plot adegan." seorang teman mengatakan kepada saya sebelum dia berangkat ke sisi selatan Pegunungan Bukit Barisan dengan sepeda. Saya setuju, tapi saya akan menambahkan bahwa kalimat tersebut hipo - nama frase "fotografi adalah seni". Artinya seni yang kita sering menganggapnya sebagai refleksi dan apresiasi kita terhadap perjalanan kehidupan. Oleh karena itu, saya sangat mendukung pernyataan para ahli yang mengklaim bahwa seni adalah benar-benar relatif.

Suatu hari saya melakukan aktifitas menyenangkan untuk bepergian ke Green Canyon dengan beberapa teman. Saat itu saya baru saja membeli kamera. Dan kebetulan kamera saya adalah satu-satunya kamera yang memadai untuk mendokumentasikan perjalanan kami. Saat itulah saya menyadari bahwa untuk menjadi seorang fotografer saya harus memiliki "BPho Degree" (bachelor of photography) sehingga orang tidak berani untuk mengatur kami ketika kita memotret. Ketika saya mengambil gambar untuk sebuah moment yang menurut saya baik, mereka selalu saja berkomentar, saat itulah saya mulai menyerang kegiatan memotret apapun untuk memecahkan sesuatu yang masih mengganjal pikiran dan akhirnya saya hanya memilih untuk mengambil video dari perjalanan kami.

Ketika kita belajar naik sepeda sampai mencapai langkah berikutnya untuk naik sepeda motor, kita akan merasa sebagai tahap pembelajaran. Kita masih dimanjakan dengan roda empat/tiga, untuk mengalami pasang surut ketika mulai menggunakan roda dua. Setelah kita mencapai kemajuan langkah naik, beberapa tahun kemudian kita mulai belajar mengendarai sepeda motor. Relevansi naik sepeda dan sepeda motor hanya dalam konsep dasar tertentu, keseimbangan roda dua, mengontrolnya dengan setang , dan mengatur kecepatan. Selanjutnya, ketika sudah bertahun-tahun akrab dengan sepeda motor, insting kita sering lebih terlibat daripada kesadaran mainstream. Pernah merasa sepeda motor dan pikiran mengembara dari Kutub Utara ke Johannesburg? Anda masih bertahan sampai tujuan meskipun konsentrasi tidak penuh. Yeah Instinct!

Formulasi adalah sebagai berikut :

1 . Awal membeli kamera , saya ingin tumbuh naluri fotografi saya. Tidak peduli baik atau buruk bagi pendapat orang lain. Namun dalam tahap itu , jika aku terlalu ditekan maka saya lebih baik berhenti "menembak" orang atau semakin banyak komentar itu menjadi diam.

2 . Teori fotografi sehingga tidak bisa dikesampingkan. Saya peroleh dari warisan ibu dari sebuah buku berjudul "Instructions for Taking" dicetak pada tahun 1977. Setidaknya saya belajar sedikit teori dan ketika telah memiliki kamera , saya berlatih sambil terus belajar teori tambahan. Dalam dunia teori akademis adalah formulasi hasil penelitian atau kejadian berulang-ulang dan mendekati konsistensi.


3 . Saya sangat senang untuk mengamati, memberikan apresiasi, meskipun menJudge foto adalah sama sekali tidak kompeten untuk melakukannya. Tapi saya harus membekali diri dengan dari beberapa referensi, dan semangat yang dapat saya menggambarkan sebagai berikut: untuk membuat foto ini sangat mudah , hanya perlu berpikir tentang waktu dan apa yang akan masuk ke dalam bingkai petak saya, dan lakukan!

4 . Dan fotografi adalah seni! Meskipun dengan tipe kamera jelek kita sudah melakukan seni karena seni tidak memiliki tolak ukur. Jika seseorang mengatakan bahwa gambar kita jelek, dan kemudian mengkonfirmasi kepadanya bahwa itu adalah refleksi dari peristiwa yang kita hadapi, kita membawa kamera, dan itu kemampuan fotografi kita. Ya, itu seni.

5 . Fotografi yang kompleks. Rumusnya adalah imajinasi + wawasan. Definisi Kembali ke teman saya tadi, ketika berpikir tentang komponen dalam sebuah foto maka peran itu adalah imajinasi + wawasan. Dan insting adalah jenis bahan bakar, dan katalis yang akan mempengaruhi hasil akhir.

6 . Fotografi tidak terbatas ruang dan waktu dan menjadi bagian dari kehidupan Anda. Seorang teman pernah berkata, " Anda dapat mengambil gambar yang bagus karena itu adalah tempat yang bagus". Saya datang dan kemudian memberikan resep berikut: Saya berjuang untuk hidup saya untuk pergi ke tempat-tempat yang ingin saya kunjungi. Saya ingin melakukan perjalanan dunia dan membuat lebih banyak foto. Ketika saya sedang berjuang untuk pergi ke suatu tempat, maka itu adalah beberapa persen dari kegiatan fotografi awal. Bandingkan dengan anda bahwa begitu-begitu saja? cita-cita dan impian rendah? bagaimana anda suka hidup dengan pitch yang lebih tinggi ?

7 . Selain seni, saya tidak menyangkal ada sesuatu tertentu sebagai " fotografi " sering diidentikkan sebagai ilmu fotografi. Tidak ada salahnya terjun ke dunia ini karena semua orang tidak memiliki kemampuan sama. Lakukan penilaian diri.

8 . Just do it !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun