Mohon tunggu...
Endro S Efendi
Endro S Efendi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Trainer Teknologi Pikiran

Intens mendalami hipnoterapi berbasis teknologi pikiran untuk membantu kualitas hidup manusia pada aspek mental, emosi, dan spiritual. Sehari-hari, aktif sebagai penulis dan hipnoterapis klinis, juga sebagai pembicara publik. Aktif menulis artikel di blog pribadi www.endrosefendi.com Juga aktif membuat konten video di https://www.youtube.com/user/endroeffendi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pentingnya Belajar THT di Saat Pandemi

8 Agustus 2021   22:34 Diperbarui: 8 Agustus 2021   22:56 152 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Belajar THT di Saat Pandemi
klikdokter.com

Di tengah pandemi seperti saat ini, entah sudah berapa banyak menerima klien yang mengeluhkan kondisinya yang ketakutan, cemas, hingga emosi yang meledak-ledak. Belum lagi kondisi yang stres atau depresi, dampak dari situasi saat ini.

Biasanya, sebagai hipnoterapis klinis, harus membantu klien secara tatap muka. Hanya berdua. Namun, kondisi pandemi juga tidak memungkinkan tatap muka di satu ruangan dalam waktu yang lama.

Beruntung, guru saya yang juga ketua Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia (AHKI), DR Adi W Gunawan, mengizinkan saya dan anggota lainnya, berbagi salah satu teknik yang cukup efisien dalam mengatasi berbagai persoalan terkait emosi tersebut.

Teknik itu diberi nama The Heart Technique (THT). Sudah didaftarkan secara hak cipta di Kemenkumham. Karena itu, hanya trainer yang sudah dilatih yang bisa memberikan materi ini kepada masyarakat luas.

Maka, selama pandemi, teknik yang diciptakan oleh pendiri Adi W Gunawan Institute of Mind Technology itu menjadi salah satu solusi yang sangat banyak membantu. Dengan teknik ini, klien bisa dipandu secara virtual melalui zoom. Tak khawatir kontak langsung.

Di setiap sesi berbagi, kami tidak hanya memberikan teori. Peserta diarahkan langsung praktik menggunakan metode yang sangat mudah dan terbukti cukup efisien itu. Terbukti, dalam beberapa kali sesi berbagi, banyak peserta yang merasakan langsung lega dan plong.

"Rasanya lebih enak, lebih nyaman," sebut Mia, satu dari beberapa peserta yang langsung praktik. Hal yang sama dialami Ira, peserta yang awalnya mengalami rasa tidak nyaman atau emosi dengan seseorang, skalanya langsung turun drastis. Keduanya adalah peserta dalam sesi berbagi khusus alumni SMP 33 Surabaya.

Sebelumnya, saya juga sharing dengan komunitas Alumni SMP 34 Jakarta Utara serta untuk masyarakat umum melalui Zoom. Teknik ini sangat penting dikuasai sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu saat darurat. Namanya manusia, kadang tiba-tiba ada pemicu yang menjadikan kondisi tidak nyaman. Bisa langsung dinetralkan dengan cara ini.

Dalam The Heart Technique tersebut, setidaknya ada 5 tahap yang harus dilakukan seseorang yang ingin mengatasi emosinya. Tahap pertama adalah identifikasi masalah. Di tahap ini, harus benar-benar memilih masalah yang ingin diatasi. Selain itu dirasakan kembali dan dicek, terasa di mana di bagian tubuh. Selain itu, harus dicek, di angka berapa skala emosi tersebut dirasakan.

Tahap kedua, ada 3 langkah penting yang harus dilakukan. Dari mulai Over Energy Correction, Reset Jalur Energi, dan Tracing. Tahap ketiga adalah menjawab pertanyan kunci yakni Priming The Subconscious for Change. Berikutnya Tahap keempat yakni, reset jalur energi dan tracing. Terakhir, tahap kelima adalah pelepasan emosi. Di dalam tahap kelima itu termasuk ada langkah Happy Moment.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan