Mohon tunggu...
Endang Srirukmini
Endang Srirukmini Mohon Tunggu... Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Jangan lupa bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Lumpuhnya Bakat dan Kreativitasku

17 September 2020   13:34 Diperbarui: 17 September 2020   13:39 20 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lumpuhnya Bakat dan Kreativitasku
www.piqsels.com

Dikehidupan nyata banyak masalah yang bertentangan bakat dan kreatifitas anak dengan orang tuanya. Seperti contonya anak yang berbakat dalam melukis dan dia mau sekolah melukis tapi orang tunya menginginkan anaknya untuk sekolah keguruan.

Sebagai orang tua harus mengenal bakat anaknya sejak dini dan tidak memaksa anaknya untuk mengikuti apa yang orang tua inginkan karena yang menjalakan aktifitanya nanti ada anaknya buka orang tunya.

Untuk mengenal bakat anak sejak dini tidak mudah, karena masa anak usia dini masa dimana mereka senang melakukan sesuatu yang baru. Bukan karena tidak muda untuk mengetahui bakat anak bukan berarti orang tua atau pendidik lepas tangan dalam memberikan stimulus dalam pengembangan bakat anak usia dini.

Jadi sebagai orang tua atau pendidik tetap selalu memberikan yang terbaik bagi anak.

Apa bila anak dipaksa untuk melakukan sesuatu yang atas dasar keinginan orang tunya, akan mengakibatkan dimana bakat anak akan mati atau lumpuh dan itu tidak baik bagi perkembangan anaknya. Bisa jadi anak akan mengalami rasa kecemasan terhadap dirinya yang selalu mengikuti kemauan orang tunya, anak tidak memiliki kebebasan dalam memilih apa yang anak inginkan.

Seseorang yang berbakat akan:

  • Kreatif. Memiliki kreativitas yang baik,ide-ide yang dikelurkannya secara spontan.
  • Kepemimpinan. Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Kemampuan dibidang akademis tertentu. Kemampuanya dalam satu bidang secara totalitas, mereka ahli dalam bidang tersebut.
  • Intelektual. kemampuan mereka sangat tinggi atau baik dalam bidang akademis tertentu.

Selanjutnya Kreativitas anak bisa lumpuh karena anak tidak diberikan kesempatan dalam menyampaikan pendapatnya. Ide-ide kreatif anak akan sampai diotak anak saja tanpa disampaikan. Yang pada akhirnya anak ketika anak diminta ide-ide atau pendapat lain dalam hati anak akan berfikir " aah paling ide ku tidak diterima atau tidak didengar oleh orang" perasaan itulah yang akan melumpuhkan kreativitas anak dalam menyampikan ide-ide baru.

Mungkin teman-teman bingung apa itu bakat dan kreatifitas?. Jadi, bakat adalah potensi yang dimiliki seseoarang dimana tingkatannya lebih tinggi dari orang lain.

Bakat dan talenta itu berbeda, bakat itu potensi yang sudah ada sedangkan talenta adalah kopetensi yang sebelumnya sudah dilatih. Sedangkan kreativitas adakah  aktivitas yang dilakukan oleh siapa pun yang  pada akhirnya akan menghasilkan sesuatu yang baru.

Kreativitas adalah suatu kemampuan seseorang dalam hal-hal tertentu. Setiap manusia memilik kemampuan dalam kreativitas yang dominan ada yang tidak, itu semua tergantung pada perkembangan kognitif manusia dan stimulus yang diberikan oleh keluarga dan lingkungannya.

Dalam pengembangan kreativitas, otak yang berfungsi adalah otak kanan. Ada beberapa faktor yang menjadi atau memungkinkan berkembangnya kreativitas diantaranya: kemampuan berimajinasi, berfikir logis tapi sederhana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN