Mohon tunggu...
endah wahyuni
endah wahyuni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keyakinan Kelas

9 Desember 2022   23:05 Diperbarui: 9 Desember 2022   23:50 14720
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.4.a.4.3. Keyakinan Kelas

Tahapan menciptakan Program Kebajikan

Pertanyaan

Lihat daftar kebajikan yang telah disusun bersama (contoh pada pembelajaran 2.1).

Tentukan nilai-nilai kebajikan yang ingin dijadikan perhatian utama di sekolah Anda. Curah pendapat dalam kelompok.

Sempurnakan beberapa daftar nilai-nilai kebajikan yang utama, bahas kembali dalam kelompok utama.

Buatlah poster atau muat di sosial media keyakinan sekolah/kelas Anda.

Jawaban

Berdasarkan Diskusi Kelompok pada tanggal 09 Desember 2022 kami bersama teman-teman kelompok CGP angkatan 135 Kabupaten Trenggalek mengadakan diskusi terkait keyakinan kelas halaman 3 tahapan menciptakan program kebijakan

  • Menganalisis daftar kebijakan pada pembelajaran 2.1 yaitu

a. Profil Pelajar Pancasila

  • Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa (pembiasaan berdoa sebelum kegiatan)
  • Mandiri (budaya literasi)
  • Bernalar kritis (memberikan ide atau gagasan)
  • Berbhineka global (menyanyikan lagu wajib nasional)
  • Gotong royong (diskusi atau Jumat bersih)
  • Kreatif ( membuat project)

b. IBO

Sikap murid

  • Toleransi (menghargai atau menghormati teman yang berbeda agama)
  • Rasa hormat (menghargai pendapat orang lain)
  • Integritas (cinta tanah air mengikuti upacara)
  • Mandiri (mengerjakan tugas tepat waktu)
  • Menghargai (memberi dukungan kepada teman)
  • Antusias (menyampaikan pendapat)
  • Empati (menolong teman)
  • Keingintahuan ( menggali informasi dari sumber informasi)
  • Kreativitas (pembuatan hasil karya)
  • Kerjasama (melaksanakan belajar kelompok atau diskusi)
  • Percaya diri (berani tampil di depan kelas)
  • Komitmen ( tidak berpengaruh dengan lingkungan yang negative)

c. Sembilan Pilar Karakter (Indonesian Heritage Foundation/IHF)

  • Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNYA ( Saling menyayangi dan mengasihi )
  • Kemandirian dan Tanggung jawab ( kemandirian dalam mengerjakan tugas )
  • Kejujuran (Amanah), Diplomatis ( Tidak menyontek, tidak berbohong, tidak mencuri )
  • Hormat dan Santun ( menghormati peritah guru / orang yang lebih tua )
  • Dermawan, Suka Menolong dan Gotong Royong ( melaksanakan kegiatan infak)
  • Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja Keras ( mampu memberikan ide atau gagasan di depan kelas )
  • Kepemimpinan dan Keadilan ( menjadi contoh rekan sejawat)
  • Baik dan Rendah Hati ( tidak sombong dan angkuh )
  • Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan ( saling menghormati sesame teman )

d. Petunjuk Seumur Hidup dan Keterampilan Hidup (LIfelong Gu...

Keterampilan Hidup

Dapat dipercaya ( tepat waktu dalam mengerjakan tugas )

Lurus Hati ( tidak mudah terpengaruh )

Pendengar yang Aktif ( memberikan respon yang potif )

Tidak Merendahkan Orang Lain (  tidak bullying )

Memberikan yang Terbaik dari Diri (motivasi diri terkait tujuan )

Petunjuk Hidup

Peduli ( bisa merasakan kesusahan teman yang lain)

Penalaran ( berfikir kritis dalam memberikan ide atau gagasan )

Bekerja sama ( berkolaborasi )

Keberanian ( mengutarakan pendapat )

Keingintahuan ( berfikir kritis )

Usaha ( bersemangat dan termotifasi )

Keluwesan/Fleksibilitas ( bisa menempatkan diri dalam kondisi apapun )

Berorganisasi ( bermusyawarah mufakat )

Kesabaran ( telaten dalam membuat suatu bekerjaan )

Keteguhan hati (kosisten terhadap prinsip 0

Kehormatan ( bisa menjaga diri )

Memiliki Rasa Humor ( ceria, menyenangkan,)

Berinisiatif ( memiliki ide )

Integritas ( mematuhi aturan yang ada  )

Pemecahan Masalah (diskusi )

Sumber pengetahuan ( literasi )

Tanggung jawab ( menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu )

Persahabatan ( mewujudkan cinta kasih dan kepedulian )

e. The Seven Essential Virtues (Building Moral Intelligence,...

Empati ( peduli terhadap sekitar / lingkungan )

Suara Hati ( percaya diri )

Kontrol Diri ( menata diri / sabar )

Rasa Hormat ( sopan dan santun terhadap orang yang lebih tua )

Kebaikan ( menolong teman yang lain )

Toleransi ( menghargai hasil karya teman )

Keadilan (saling berbagi, berkolaborasi dalam bekerja kelompok )

PEDULI

PERSAMAAN

PERBEDAAN

Semua sudah di integrasikan kedalam aktivitas pembelajaran di kelas melalui pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran / RPP yang dilaksanakan pada waktu proses kegiatan belajar mengajar

Tidak ada perbedaaan yang signifikan antara penerapan  Profil Pelajar Pancasila the virtues Project pada bagian Peduli   

Nilai-nilai kebajikan yang ingin dijadikan perhatian utama di sekolah Saya. Dari Curah pendapat dalam kelompok. Adalah Profil Pelajar Pancasila.

Penyempurnaan beberapa daftar nilai-nilai kebajikan yang utama, yang di bahas  dalam kelompok utama adalah

  • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Kami meyakini bahwa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan landasan utama belajar
  • Mandiri, Kami meyakini bahwa pentingnya Kemandirian diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan
  • Bernalar Kritis, Kami meyakini bahwa pentingnya berpikir kritis dalam mengambil keputusan
  • Berkebinekaan Global, Kami meyakini bahwa pentingnya berkebinekaan global ditunjukkan dengan sopan santun
  • Bergotong royong, Kami meyakini bahwa pentingnya gotong royong ditunjukkan dengan belajar kelompok dan pembiasaan jumat bersih
  • Kreatif, Kami meyakini bahwa pentingnya kreatif ditunjukkan dengan menghasilkan karya/proyek

Poster atau muat di sosial media keyakinan sekolah/kelas Anda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun