Mohon tunggu...
Endah Kurniati
Endah Kurniati Mohon Tunggu... Pendidik, Penulis

Just an ordinary woman, who's trying to be a beloved wife, a good mom and a grateful slave of the Almighty https://determinendah.wordpress.com/about-me/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Find One Hundred Ways - Temukan Jalan untuk Dapatkan Cinta Suami

18 Juni 2019   18:44 Diperbarui: 18 Juni 2019   20:04 0 4 0 Mohon Tunggu...
Find One Hundred Ways - Temukan Jalan untuk Dapatkan Cinta Suami
photo credit : dokumen pribadi

Kebutuhan utama kaum lelaki adalah dihormati, sedangkan kebutuhan utama perempuan adalah dicintai.  Oke noted. "Tapi kalau suami tidak menjalankan fungsi utamanya dengan baik sebagai penanggung jawab nafkah keluarga, istri jadi kurang respect, wajar kan?"  Kira-kira, apa jawaban ibu?

***

Kondisi umum

Banyak kejadian seseorang suami menjadi temperamental sehingga anak-anaknya menjadi sasaran karena punya masalah dengan sang isteri yang belum selesai, yaitu kebutuhan dasarnya tidak dipenuhi.  Kaum lelaki semestinya tidak menyisakan celah, where women usualy loosing her respect to him, yaitu saat suami tak mampu memenuhi resiko rutin keluarga, karena untuk mengatur keuangan keluarga dengan seksama itu sudah merupakan kesulitan tersendiri, sehingga jangan bebankan perempuan untuk mencari nafkah bagi keluarga.

Kebanyakan pertengkaran bermula saat perempuan tidak menunjukkan rasa hormat karena ia merasa lelakinya tidak menaruh kasih sayang yang cukup. Namun seringkali malahan karena reaksi perempuan yang tidak menunjukkan rasa hormat ini, kebanyakan lelaki malah semakin tidak menunjukkan cintanya...

Mengijinkan istri bekerja pun bukannya tanpa resiko. Apalagi bila istri bekerja dan berpenghasilan lebih besar dari suami, dikhawatirkan itu akan menghalangi bakti pada suami. Karena fitrahnya perempuan itu condong pada dunia, jadi ubudiah (sikap penghambaan) dan muasyarahnya (pergaulan) akan rusak sehingga akan merasa benar dalam kesalahan, kecuali bila mereka membentenginya dengan ilmu agama yang cukup.

Ada juga istri yang meskipun suami sudah  memenuhi nafkahnya dengan baik, abai pada suaminya setelah hadirnya anak-anak. Mereka menganggap peran suci sebagai ibu di atas segalanya. Kemudian menuntut suami untuk paham bahwa kini sudah hadir makhluk kecil yang patut diprioritaskan dari pada suami. Ternyata ini keliru, perempuan cenderung mengikuti perasaannya untuk terus dipahami. 

Kondisi Ideal

Istri yang baik. Itu adalah tingkatan peran teratas. Selesaikan lebih dulu peran ini dengan baik, berikan pengabdian istimewa untuk suami. Kemudian baru lakukan tugas perempuan sebagai ibu dari anak-anak.

Peran perempuan dibagi menjadi empat bagian berdasar prioritas terbaiknya, yaitu sebagai istri, sebagai ibu, sebagai pribadi dan sebagai ummahat (peran sosial).  Dari keempat perannya tersebut, Al Quran paling banyak bercerita tentang kiprah perempuan sebagai istri. Dan yang paling sedikit adalah kiprahnya dalam bidang sosial. Urutan peran ini mengikat berdasarkan prioritas, jangan di ubah-ubah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2