Mohon tunggu...
Emut Lebak
Emut Lebak Mohon Tunggu... Guru - Guru, Bloger, aktif di komunitas menulis

Hoby menulis travelling

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Trip to Curug Cikumpay, Surga yang Tersembunyi

22 September 2022   18:47 Diperbarui: 22 September 2022   18:50 108 26 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar FB Forta lebak banten

Banyak orang yang tidak tahu ada surga yang belum terjamah banyak orang. Salah satu surga terindah yang ada di kabupaten Lebak, curug Cikumpay, dinamakan curug Cikumpay karena ia berada di Kampung Kumpai, Desa Maraya, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Jika ingin berkunjung ke sana jarak dari kota Rangkasbitung sekitar 44 kilometer atau satu jam perjalanan dengan sepeda motor dilanjutkan jalan kaki sekitar 20 sampai 25 menit karena melewati perbukitan, sawah-sawah dan aliran sungai. Disarankan pula ketika berkunjung ke curug Cikumpay jika sudah melewati musim hujan, selama musim hujan rencanakan saja dulu, sebab aksek jalan lumayan berbatu, dan licin hal ini untuk menjaga keselamatan pengunjung. 

Saya sendiri belum pernah mengunjungi curug Cikumpay, akses jalan yang masih jelek menjadi salah satu alasan, tetapi berkunjung ke kampung kumpay sudah beberapa kali dilakukan, itupun hanya sekedar main ingin melihat keindahan alam. 

Konon menurut cerita masyarakat sekitar curug Cikumpay merupakan tempat yang disakralkan yang mana pada waktu tertentu curug ini dijadikan tempat untuk ritual. Curug yang bersih tanpa satu pun sampah tersisa. Menurut warga disana setiap ada warga yang membuang sampah di sekitar lokasi curug, keesokan harinya sampah-sampah tersebut hilang dengan sendirinya. Hal ini lah yang membuat Curug Cikumpay selalu bersih tanpa ada orang yang membersihkannya. 

Untuk sampai ke Curug ini, harus melewati pemukiman warga Kampung Kumpay, kampung yang terkenal dengan seribu masjid hampir disetiap sudut kampung berdiri megah bangunan masjid, dan ketika waktu salat datang bersahut-sahutan kumandang adzan dari tiap sudut kampung. 

Sepanjang jalan menuju lokasi curug ini, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan sejuk, masyarakat yang ramah tamah. Namun sayangnya jalan ke lokasi curug belum dibenahi dan ditata, padahal Curug Cikumpay tersebut menjadi alternatif sebagai salah satu potensi tempat wisata alam yang belum tergali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan