Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

5 Hal Konyol di Hari Lebaran

14 Mei 2021   12:36 Diperbarui: 14 Mei 2021   12:43 765 24 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal Konyol di Hari Lebaran
Biskuit legenda (dok.pri)

Suasana hari raya Idul Fitri memang istimewa, karena itulah hari ini raya ini selalu dinanti oleh umat muslim. Ada beberapa peristiwa khas yang hanya terjadi ketika lebaran tiba.

Sebagian peristiwa merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan, terutama untuk anak-anak. Bahkan orang dewasa pun selalu mengenangnya.

Beberapa peristiwa konyol (lucu/menggelikan) ada di hari lebaran ini.  Peristiwa yang selalu membuat kita tertawa-tawa sekaligus jengkel. Namun ketika telah berlalu, mengingat hal itu adalah sesuatu yang menyenangkan.

Ada lima hal konyol yang biasa terjadi di hari lebaran, antara lain:

1. Menebak isi kaleng Khong Guan. Sejak dahulu, ada kebiasaan ibu-ibu terkait bekas kaleng biskuit Khong Guan. Mereka sering memanfaatkannya untuk tempat makanan lain.

Pada umumnya, kaleng Khong Guan digunakan untuk menyimpan rengginang. Akibatnya muncul istilah kaleng Khong Guan isi rengginang. Banyak yang merasa terjebak karena berharap makan biskuit tetapi ternyata dalam kaleng adalah rengginang.

Maka, sekarang kaleng Khong Guan menjadi tebak-tebakan. Ketika ada kaleng Khong Guan di meja, orang akan menebak-nebak, isinya biskuit atau rengginang. Seorang teman menceritakan bahwa mertuanya justru senang menjebak tamu dengan isi kaleng Khong Guan ini.

2. Berburu wafer di antara biskuit Khong Guan. Pertama kali mengenal wafer adalah dari kaleng Khong Guan. Karena itulah wafer di kaleng Khong Guan menjadi makanan legenda.

Setiap kaleng Khong Guan dibuka, yang pertama diperebutkan anak-anak adalah wafer. Maklum wafer ini cuma ada satu di dalam kaleng tersebut. Sewaktu masih anak-anak, rasanya bahagia betul mendapat wafer tersebut.

Berburu wafer (dok.pri)
Berburu wafer (dok.pri)
Sayangnya perebutan wafer berkurang dengan adanya wafer-wafer lain yang muncul belakangan. Mereka menciptakan merek baru untuk wafer setelah mengetahui ada penggemar wafer yang berasal dari biskuit Khong Guan.

3. Mencari ujung selotip toples nastar. Kue kering umumnya ditempatkan di toples transparan yang menjadi satu paket dengan penjualan. Supaya aman, tutup toples direkatkan dengan selotip yang juga transparan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x