Mohon tunggu...
Nurdin Taher
Nurdin Taher Mohon Tunggu... Keberagaman adalah sunnatullah, karena itu pandanglah setiap yang berbeda itu sebagai cermin kebesaran Ilahi.

Lahir dan besar di Lamakera, sebuah kampung pesisir pantai di Pulau Solor, Flores Timur. Menempuh pendidikan dasar (SD) di Lamakera, kemudian melanjutkan ke SMP di Lamahala, juga kampung pesisir serta sempat "bertapa" 3 tahun di SMA Suryamandala Waiwerang Pulau Adonara, Flores Timur. Lantas "minggat" ke Ujung Pandang (Makassar) pada Juli 1989. Sejak "minggat" hingga menyelesaikan pendidikan tinggi, sampai hari ini, sudah lebih dari 25 tahun berdomisili di Makassar. Senantiasa belajar dan berusaha menilai dunia secara rasional dengan tanpa mengabaikan pendekatan rasa, ...

Selanjutnya

Tutup

Politik

Mana Seru, Perempatfinal LC atau 'Liga' DKI 1?

18 April 2017   16:38 Diperbarui: 18 April 2017   16:56 291 4 1 Mohon Tunggu...
Mana Seru, Perempatfinal LC atau 'Liga' DKI 1?
Sbr : fakta.co.id & sport.detik.com

Oleh : eN-Te

Entah ini suatu kebetulan, jadwal pertandingan leg ke-2 partai perempatfinal Liga Champions (LC) Eropa musim 2016/2017 dan pemungutan suara Pilkada DKI berlangsung berbarengan pada hari yang sama. Rabu (19/4/2017) dinihari nanti akan berlangsung leg ke-2 partai semifinal LC antara Real Madrid versus Bayern Muenchen. Sementara partai kedua akan bertemu Leicester City dengan Atletico Madrid.

Pada leg pertama perempatfinal LC (Kamis, 13/4/2017) lalu Real Madrid berhasil mempecundangi Bayern di Allianz Arena 2-1. Sedangkan Atletico berhasil menundukkan tamunya, Leicester dengan skor tipis 1-0.

Hasil pertandingan lain di leg pertama perempatfinal LC (Rabu, 12/4/2017) mempertemukan Juventus versus Barcelona dan Dortmoun vs Monaco. Akan tetapi karena ada insiden ledakan bom, maka pertandingan Dortmound vs Monaco diundur satu hari, sehingga baru berlangsung (Kamis, 13/4/2017) dengan hasil akhir 2-3 untuk kemenagnan Monaco.

Pertandingan leg ke-2 perempatfinal LC akan berlangsung dinihari nanti (Rabu, 19/4/2017). Partai pertama giliran Madrid akan menjamu Bayern di Santiago Bernabeu. Kemudian partai kedua akan berjumpa Leicester yang akan bertindak menjadi tuan rumah menjamu Atletico di kandang.

Tentu saja akan sangat ‘mendebarkan’ menantikan detik-detk penentuan siapa yang akan lolos ke babak semifinal LC musim ini. Apakah Madrid yang memiliki keuntungan agregat gol tandang dan sudah unggul sebelumnya 1 gol atau Bayern mampu mengejar defisit gol itu kemudian mengubahnya menjadi surplus gol? Begitu pula di pihak Leicester maupun Atletico. Masih merupakan teka-teki yang misterius.

Soalnya dalam sepakbola tidak ada yang pasti. Semuanya masih merupakan serbakemungkinan (probalistik). Bisa jadi Bayern Muenchen mampu membalikkan keadaan dan mempecundangi Madrid di kandang sendiri, sama seperti Madrid lakukan ketika hadir di Allianz Arena.

Leicester City juga mempunyai asa yang sama. Meski tertinggal satu gol secara agregat, tapi mereka pantas optimis dapat membalikkan keadaan bila mampu menjinakkan pasukan Diego Simione di kandang sendiri.

Hal yang sama juga berlaku pada pasukan Catalan, Barcelona maupun Borrusia Dortmound. Masing-masing tim masih memiliki waktu yang sama 90 menit untuk bertarung mempertaruhkan asa lolos ke babak berikutnya. Masih ada kemungkinan yang terbuka luas bagi semua tim bila mampu memanfaatkan durasi waktu 90 menit waktu normal pada pertandingan leg ke-2 untuk lolos ke babak berikutnya.

Hanya ada dua kemungkinan, lolos dan kandas. Lolos bila mampu mempertahankan agregat gol yang telah dicapai sebelumnya, atau mampu membalikkan keadaan dan mampu mempecundangi lawan-lawannya dengan agregat gol yang disyaratkan.

Karena itu, 8 tim yang berlaga di babak perempatfinal LC (Barcelona, Juventus, Madrid, Bayern, Atletico, Leicester, Monaco, dan Dortmound) mempunyai peluang yang sama. Tapi bagi Juventus, Madrid, Atletico, dan Monaco sedikit memiliki keuntungan karena sudah memiliki tabungan agregat gol terhadap lawan-lawannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN