Denny Boos
Denny Boos profesional

Panggil saja Kezia. Menyukai hal-hal sederhana. Senang jalan-jalan, photography, sepedaan, koleksi kartu pos UNESCO, yoga. Senang berdiskusi tentang bangunan tahan gempa. Tinggal di Berlin.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Tiga Minggu Menjelajah Skandinavia dengan Mobil Caravan

10 Februari 2016   15:43 Diperbarui: 10 Februari 2016   17:55 844 30 32

[caption caption="Saya dengan mobil caravan di level tertinggi Norwegia"][/caption]Waktu pertama kali dikasi tau tentang ide liburan musim panas ini, saya sudah kesenangan duluan. Pasalnya, Skandinavia adalah destinasinya. Siapa yang tidak tau keindahan alam Skandinavia, bukan? Lalu travellingnya pake mobil caravan lagi. Soalnya ini juga sesuatu yang baru buat saya. Dari dulu, pengen tau gimana rasanya melakukan perjalanan jauh dan seolah tergantung dengan rumah berjalan itu.

Kalau baca page saya, pasti ini jadi cerita lama karena kita jalannya musim panas tahun lalu, tapi sekedar merangkum dalam satu halaman, tidak mengapalah. Kalau ada waktu lagi, saya juga ingin menulisnya satu persatu. Sayang kalau tidak bagi pengalamannya.

Jadi ceritanya, musim panas kemarin, selama 3 minggu lebih kita merencanakan perjalanan ke Scandinavia. Mobil ini disewa seharga 100 an Euro per hari. Bayar deposit sekitar 2500 Euro saya lupa. Semua dibayarkan di awal, ditandatangani, lalu siap dibawa keliling.

Yang pasti, kalau mau nyewa mobil caravan untuk musim panas, maksimal Januari sudah harus fix karena banyak orang yang ingin bepergian dengan mobil tersebut saat musim panas. Bahkan di hari Jumat ketika kita akan berangkat pun, mobil itu harus kita tunggu dulu karena baru saja sampai di tempat rental, dalam arti, pemakaiannya memang full.

Mobil caravan kita punya cukup besar, punya tempat tidur ukuran double di atap, tepat di atas supir. Lalu tempat duduk di belakang supir, yang juga sekaligus bisa buat meja makan kalau dingin atau hujan di luar. Malam harinya, kedua kursi ini bisa disatukan dan beralih fungsi jadi tempat tidur double. Di sisi kanan mobil, ada juga sofa panjang yang juga bisa digunakan untuk satu tempat tidur. Dapur mini dengan 2 stoves, kamar mandi (shower) mungil, serta toilet. Laci-laci sangat banyak buat tempat makanan dan pakaian selama perjalanan.

Oh ya, selain itu, tentu saja tempat penyimpanan makanan selama perjalanan juga besar, bahkan kita juga bawa peralatan barbeque yang kemudian kita pakai di Copenhagen, Oslo dan beberapa kota lainnya yang kita singgahi. Yang penting, kita tanya dulu penginapan, apakah diijinkan barbeque an atau tidak.

(bagian depan - ini saya ambil sehabis liburan)

(bagian depan - supir yang cukup lega)

(toilet dan washtafel yang super mini)

(shower, yang jarang kita gunakan, biasanya kita milih mandi di penginapan)

(meja makan sekaligus tempat tidur di bagian sisi  kiri mobil, tepat di belakang supir)

(dari pintu samping caravan, terlihat juga laci-laci yang banyak di atas kursi)

(dapur super mungil dan lemarinya)

(tempat tidur double tepat di atas supir)

(sofa di sebelah kanan mobil yang juga bisa digunakan jadi single bed)

Keuntungan Pakai Mobil Caravan

1. Fleksible

Akan lebih mudah melakukan perjalanan dengan kendaraan sendiri memang. Ketika ketemu spot keren buat foto atau narsis, kita tinggal berhenti saja (ketahuan sudah niatannya jalan-jalan kan yah). Skandinavia terkenal dengan landscape nya yang cantik dan ada kalanya transportasi umum tidak menunjang, jadi caravan ini salah satu solusi buat traveller yang mau capek. Tapi tidak akan menyesal lah pokoknya.

Karena kita mengunjungi cukup banyak tempat, biasanya kita target berkendaraan sekitar 400-600 an kilometer per hari. Hanya ada beberapa kota tertentu saja yang kita tinggal 2-3 hari, seperti Copenhagen, Oslo, Trondheim dan Bergen.

Tapi, ada juga beberapa kali karena kemalaman, dan tidak ketemu camping area, kami hanya berhenti di tempat publik tapi diijinkan buat camping. Oh ya, di Denmark hanya boleh nginap di camping area. Kalo di Swedia dan Norwegia, tidak apa-apa selama ada petunjuk diijinkan buat caravan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2