Mohon tunggu...
Emi Wahyuti
Emi Wahyuti Mohon Tunggu... Guru - Guru Bimbingan dan Konseling

Mengabdikan diri di dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Mengatasi Kejenuhan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Game

6 Desember 2022   10:05 Diperbarui: 6 Desember 2022   10:16 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Best Practices

Mengatasi Kejenuhan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Game Kelas XI

Lokasi      :   SMA N  1 Muntok

Penulis      :  Emi Wahyuti

Tanggal     :  14 Oktober 2022

A. Latar Belakang

Menurut Makmun (2003: 169) kejenuhan belajar adalah tidak mampu lagi daya ingatan kita mengakomodasikan informasi atau pengalaman baru, seakan-akan kita merasakan bahwa hasil belajar itu tidak ada kemajuan untuk beberapa waktu. Dengan keadaan demikian peserta didik merasa dirinya penat sehingga segala sesuatu apapun yang diterima tidak dapat diserap ataupun dikembangkan sehingga menimbulkan perilaku peserta didik lebih tertarik pada hal lain yang dianggap dapat mengatasi kejenuhan tersebut.

Kejenuhan belajar kondisi yang dialami oleh peserta didik ialah sehingga tidak bersemangat dalam mengikuti proses kegiatan belajar. Kejenuhan belajar jika dibiarkan dapat mengakibatkan menurunnya prestasi belajar peserta didik.  Kejenuhan belajar ditandai dengan peserta didik yang menunjukkan prestasi belajar yang rendah dan perilaku yang tidak sesuai saat proses kegiatan belajar pembelajaran berlangsung seperti asik mengobrol dengan teman sebangku, bermain gadget, melamun dikelas bahkan tertidur dikelas akibat dari kelelahan fisik dan pada akhirnya tidak konsentrasi dalam belajar. Selain faktor internal, faktor eskternal juga disebabkan metode mengajar guru yang tidak bervariatif sehingga terkesan monoton dan membuat peserta didik bosan.

B. Rumusan Masalah (Tantangan)

Dalam mengidentifikasi tantangan, guru BK melihat bahwa dalam praktek ini menggunakan teknik simulasi game.  Permainan Simulasi merupakan permainan yang merupakan permainan yang mereflesikan situasi seperti apa yang diungkapkan oleh Adams (Romlah, 2006: 118) “permainan simulasi adalah permainan yang dimaksudkan untuk merefleksikan situasi-situasi yang terdapat dalam  kehidupan yang sebenarnya”.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun