Mohon tunggu...
Emanuel Alek Sugiarto
Emanuel Alek Sugiarto Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Angkatan 5 Kab. Bandung

Mathematics Teacher at TALENTA HIGH SCHOOL Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Seri Refleksi PGP A5 - Filosofi Ki Hajar Dewantara

25 Januari 2023   15:26 Diperbarui: 25 Januari 2023   16:06 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Refleksi PGP A5 - Filosofi Ki Hajar Dewantara

Facts

Selama kurang lebih satu bulan (Akhir Mei sampai Awal Juli) akhirnya saya dapat menyelesaikan semua kegiatan yang ada pada Modul 1.1. Bukan hanya sebatas menyelesaikan semua tugas yang ada di LMS, namun lebih jauh bahwa banyak hal baru yang saya pelajari dan saya dapatkan. 

Dengan tahapan kegiatan MERDEKA (Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata) saya menjalani satu demi satu tahapan bersama Ibu Uning selaku Fasilitator, Bp. Aming selaku Pengajar Praktik, dan juga rekan-rekan sesama Calon Guru Penggerak dengan penuh semangat dan penuh perjuangan.

Di sela-sela kesibukan saya sebagai seorang guru dan menjalankan tugas tambahan di bidang Kurikulum, saya terus berjuang mempelajari materi, menyimak video, mengikuti pertemuan kolaborasi, membuat sebuah karya, sampai ke aksi nyata.

Pengalaman yang sangat berharga ketika saya sungguh-sungguh dalam mengikuti setiap proses yang dipandu dalam LMS Pendidikan Calon Guru Penggerak. Tentu banyak hambatan dan tantangan yang saya hadapi, namun berkat kerja sama dan kolaborasi yang baik dengan Ibu Uning, Bp. Aming, dan rekan sesama Calon Guru Penggerak, semua tahapan dapat saya lalui dan selesaikan dengan baik.

Feelings

Di awal mempelajari Modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara, saya sempat ragu, cemas, dan khawatir apakah saya dapat menyelesaikan semua materi dan tugas-tugas yang ada. Ketika membuka tahapan Mulai dari Diri banyak hal yang harus dipelajari, namun ketika membuka beberapa file awal dan mempelajarinya, saya sungguh merasa senang, merasa beruntung mendapatkan pengetahuan baru maupun penguatan terhadap pengetahuan yang sudah didapatkan sebelumnya. Bahagia ketika memperoleh ilmu yang sungguh sangat bermanfaat bagi keseharian saya sebagai seorang guru sekaligus rekan bagi guru-guru yang lain di SMA TALENTA.

Findings

Selama mempelajari Modul 1.1 banyak sekali hal yang saya dapatkan, baik hal baru maupun hal lama yang kembali diingatkan pada kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak ini, khususnya terkait Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Ing Ngasro Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri handayani). 

Di depan memberikan teladan bagi para murid, di tengah memberikan motivasi, dan dari belakang memberikan semangat kepada para murid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun