Mohon tunggu...
yudha saputra
yudha saputra Mohon Tunggu... -

awesome

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Choose me

1 Mei 2012   02:55 Diperbarui: 25 Juni 2015   05:53 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah saya merilis ke-4 tulisan sebelumnya dalam tumblr, 'The Excite Series' begitulah saya menamakannya. TA DAH.... Saatnya sekarang untuk memilih saya. Dengan tidak melebih-lebihkan dan tidak bermaksud sombong, tapi jika disandingkan dengan peserta lain, saya layak untuk menjadi pemenang. Inilah saya,

  • Cinta Korea

Korea adalah negara luar pertama yang saya kunjungi dan jelajahi. Korea adalah bahasa asing (selain Inggris) yang saya terus pelajari hingga saat ini sampai saya merasa ahli. Korea adalah tempat kenangan, harapan, kesedihan, kebahagiaan, menjadi satu ketika mengikuti pertukaran pelajar. Korea adalah negara yang membuat saya dan teman satu negara yang mulanya bersitegang menjadi damai hingga akrab bahkan hingga sekarang. Kecintaan saya terhadap korea melebihi Idol, benda-benda, drama dan sebagainya, karena saya mengenalnya lebih dalam.

  • Global Marketer

Setelah mengetahui apa yang akan dipromosikan, selanjutnya cara mempromosikannya. Seperti yang ditulis dalam postingan sebelumnya. Begitulah cara saya mempromosikannya, dengan perencanaan yang kronologis dan matang. Ditambah menggunakan berbagai saluran SNS. Hal ini tentunya akan menyebar dengan mudah. Ditambah dengan hasil akhirnya yang nanti akan hadir dalam media cetak (Insya Allah).

  • Komunikasi Lintas Budaya

Menjadi pemenang dalam kontes ini, tentunya akan bertemu dengan wakil-wakil lain dari negara yang berbeda budaya dan kebiasaan. Zaman kuliah, saya sudah lulus mata kuliah komunikasi komunikasi lintas budaya dengan nilai sangat memuaskan. Ketika mengikuti pertukaran antar pelajar, saya mempraktekkan ilmu yang saya dapat. Ketika kembali di Indonesia, ketika saya bekerja sebagai interpreter dan Liasion Officer di SEA GAMES 2011 tentunya komunikasi lintas budaya telah melekat. Saya dapat mengatakan bahwa saya adalah manusia lintas budaya. Lebih dari sekedar berbicara dengan bahasa asing tapi saya mengerti mengenai budayanya.

  • Orisinal

Dalam mengikuti suatu lomba saya saya junjung tinggi adalah orisinalitas, maka dari itu, saya menyajikan karya-karya yang belum pernah saya ikutkan dalam suatu lomba. Saya pun tidak menyadur dari referensi, sebisa mungkin hasil dari apa yang dilihat dan dirasa. Jika ada gambar yang saya kutip dari internet, saya mencantumkan kutipan tersebut. Namun lebih banyak menggunakan gambar hasil karya sendiri yang saya capture dari internet atau handphone, dan sisanya dokumentasi pribadi atau buatan sendiri. Tulisan saya, baik berkualitas atau tidak tapi merupakan hasil sendiri dan saya bangga akan hal itu. Hasil karya blog ini adalah 'Made In Yudha'. Orisinalitas bukan hanya dalam berkarya tapi terrepresentasi dalam sifat yang tidak mau ikut-ikutan dengan orang lain.

  • Kreatif

Ketika mengikuti kontes ini, saya benar-benar memikirkan ide, konten, layout, gambar apa yang akan ditampilkan, dan sebagainya. Memetakan dari awal hingga proses akhir dan dikemas dengan menawan. Hal ini dilakukan agar blog yang ditulis tidak hanya sekedar blog, tapi memiliki ciri khas.

  • Daring

Saya berani berkompetisi dengan siapa saja, asalkan saya memang tidak buta sekali dengan bidangnya. Termasuk dalam lomba blog ini, banyak tulisan yang masuk menarik untuk dibaca dan memiliki potensi menjadi pemenang. Namun saya tidak gentar untuk berusaha dengan maksimaldan melebihkan usaha diatas rata-rata orang kebanyakan perjuangan yang besar. Menang atau kalah -nothing to lose- Jadikan semuanya pembelajaran untuk lebih baik dan kreatif dalam berkarya. Kontes ini adalah arena pertempuran, perlu usaha, strategi, dan kesempatan yang baik. Karena kontes ini memang bukan iseng-iseng berhadiah.

  • Sopan santun

Menjadi wakil KTO melalui kontes ini bukan hanya menjadi pemenang, tapi juga menjadi wakil dari bangsa Indonesia. Bertemu dengan orang baru, bertemu dengan orang-orang penting dari KTO Korea, bertemu juga dengan para idol. Tentunya hal ini menyenangkan, tapi jangan sampai kebablasan. Karena pemenangnya mewakili KTO Indonesia dan Indonesia sendiri, jadi harus memiliki tata krama dan sopan santun dengan orang penting terlebih usianya lebih tua dari kita. Saya salah satu orang yang menjunjung dan mempraktekkan hal tersebut.

  • Mampu berbahasa Korea

Selama tiga tahun belajar bahasa Korea membuat saya sedikit tahu banyak mengenai bahasanya. Hingga saat ini pun saya masih melanjutkan hal tersebut karena masih merasa kurang. Walaupun bahasa Inggris menjadi utama dalam persyaratan. Namun menguasai bahasa Korea menjadi penting karena secara tidak langsung kita juga menghormati dan menghargai budaya mereka.

  • Inspire

Sebagai mahluk sosial, maka saya akan membagikan hal ini tidak hanya untuk diri pribadi, keluarga dekat, dan teman, tapi akan saya bagikan pengalaman ini kepada pencinta Korea, pencinta drama, pencinta Idol, pecinta makanan, dan masyarakat umum yang belum mengenal Korea untuk mengunjunginya. Semua saluran SNS yang digunakan dalam mempromosikan hal tersebut bertujuan untuk menginspirasi siapapun yang mengunjunginya untuk merasakan berjuta pengalaman yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

I'm taking higher than the others, because I put passion on this contest. Korea, Language, and Gadget are my passion and I embracing my passion always. Tulisan aslinya dimuat di Tumblr dan kalo mau vote silahkan kesini Link facebook

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun