Mohon tunggu...
Elvina Damayanti
Elvina Damayanti Mohon Tunggu... Relawan - Iain jember prodi PAI A1(T20191023)

Lamongan Iain jember

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hubungan Pendidikan dan Stratifikasi Sosial

23 Oktober 2020   18:13 Diperbarui: 27 Mei 2021   12:28 6663 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hubungan pendidikan denga stratifikasi sosial. | Kompas

Assalamualaikum wr wb.

      kali ini saya akan menerangkan tentang pendidikan dan stratifikasi sosial beserta hubungan diantara keduanya. namun sebelum membahas hubungan pendidikan dan stratifikasi sosial kita harus mengerti tentang pengertian keduanya

1. pengertian pendidikan 

     pendidikan menurut kamus bahasa indonesia berasal dari kata 'didik' dan mendapatkan imbuhan 'p' dan akhiran 'an', maka kataa ini mempunyai arti proses atau cara perbuatan mendidik. pendidikan juga memiliki arti sebuah usaha yang dilakuka secara sadar dan terencana untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi dirinya agar memiliki keterampilan yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Pendidikan harus dilakukan secara sadar karena dengan pendidikan itulah yang akan membawa kehidupan individu ataupun sosial itu menjadi stabil dan sesuai dengan apa yang sharusnya karena pendidikan adalah dasar dari prilaku yang kita lakukan di masyarakat. Pendidikan juga bisa berarti sebuah alat untuk mengembangkan kesadaran diri sendiri dan kesadaran sosial menjadi suatu paduan yang stabil sehingga pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sosial. 

Dari sini kita mengetahui bahwa pendidian merupakan suatu hal yang sangat penting sekali, dengan tidak adanya pendidikan diri sendiri ataupun masyarakat sosial tidak akan bisa hidup secara damai. Pendidikan memiliki fungsi yang diharapkan dapat membantu seorang anak mencapai suatu kedudukan yang bisa membuatnya memiliki keterampilan yang dibutuhkan masyarakat, dari keterampilan itulah seorang akan sanggup menghidupi dan melakukan pemberdayaan terhadap dirinya dan orang lain, bahkan memungkinkan bisa berguna bagi keluarga dan masyarakat sekitar. 

Mengenai hubungan antara status sosial dengan pendidikan ini telah banyak orang yang sudah mempelajari dan melakukan penelitian terutama oleh Amerika serikat. Pendidikan yang sesungguhnya adalah pendidikan yang memiliki filter penyaring agar anak dapat berfikir secara dewasa tentang hubungan antara manusia, yaitu baik individu maupun sosial. karena terciptanya masyarakat sosial karena sebuah pendidikan yang baik akan sangat mempengaruhi dunia pendidikan itu sendiri ataupun dengan masyarakat sosial

Baca juga: Dampak Stratifikasi Sosial di Sekolah

2. pengertian stratifikasi sosial

     strafifikasi sosial yaitu pembedaan penduduk  atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atas dasar kekuasaan atau hak-hak istimewah. stratification berasal dari kata strata dan stratu yang berarti lapisa, karena itu stratifikasi juga disebut sebagai pelapisan masyarakat. Stratifikasi sosial merupakan konsep inti dalam sosiologi dalam arti stratifikasi sosial digunakan sebagai alat analisis pada seluruh bidang kajian sosiologi. 

Pemahaman antara stratifikasi sosial dan kelas sosial sering kali disamakan padahal terdapat perbedaan diantara keduanya bahkan dari pengertiannya sendiri, stratifikasi sosial lebih merujuk pada pengelompokkan orang kedalam tingkatan atau strata. Pada dasarnya stratifikasi sosial terjdi karena adanya sesuatu yang dihormati dan dihargai dalam kehidupan masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan