Mohon tunggu...
Elvidayanty Darkasih
Elvidayanty Darkasih Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja lepas

Email : elvi.jambi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Berhemat Biaya dan Waktu dengan Membuat Makanan Beku

18 April 2021   22:34 Diperbarui: 18 April 2021   23:19 1032
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tekwan beku (Frozen), bisa untuk 4 porsi. (Foto : dokpri)

Sebelum pandemi Covid-19 mewabah, saya termasuk orang yang sangat hati-hati dengan bahan makanan. Saat Ramadan, banyak orang berburu aneka jajanan, saya tetap memilih memasak sendiri menu berbuka dan sahur. 

Sejak covid-19 membatasi banyak aspek dalam kehidupan kita, saya semakin berhati-hati dengan makanan yang bukan saya masak sendiri. Jika terpaksa membeli, saat tiba di rumah makanan yang dibeli itu saya panaskan lagi di kompor. Iya, saya separanoid itu, he he. 

Salah satu cara untuk menghemat waktu memasak, saya membuat sendiri beberapa makanan beku (Frozen). Selain menghemat waktu, cara ini juga bisa menghemat pengeluaran. 

Karena risoles adalah salah satu camilan favorit, saya membuat risoles dalam jumlah banyak lalu saya bekukan di kulkas. Kalau mau ngemil, cukup panaskan minyak goreng, lalu goreng. Kalau kebutuhan ngemilnya cukup 2 potong, saya menggoreng risolesnya cukup 2 potong saja. 

Selain camilan, beberapa jenis menu juga bisa dibekukan seperti tekwan. Saat ingin mengkonsumsi semangkok tekwan panas, cukup rebus air semangkok, masukkan bumbu dan tekwannya. Sekitar 5 menit, tekwan panas siap disantap. 

Kita pasti tahu dengan selera kita sendiri, jadi bisa memilih makanan beku apa yang bisa kita buat sendiri. Jadi, tidak perlu membuatnya setiap hari, satu kali mengolah makanan beku bisa dikonsumsi untuk 4 - 5 kali. Dengan memasak sendiri, kita bisa lebih ekstra hati-hati saat membersihkan bahan makanan dan mengolahnya menjadi makanan beku. 

Selain risoles dan tekwan, kadang saya juga membuat roti frozen. Saya membuat beberapa macam rasa yang berbeda supaya tidak bosan. Ada yang diisi dengan tumisan ayam suwir dengan sayuran, rasa coklat dan keju. Saat ingin dikonsumsi, cukup panaskan sebentar di oven atau teflon. 

Selain camilan seperti risoles dan roti, saya juga membuat sendiri sayuran beku. Biasanya saya membuat campuran buncis, wortel dan jagung manis. Buncis saya potong kecil-kecil, wortel saya potong dadu, dan jagung manis saya serut. Setelah dipotong dan dicuci bersih, direbus sebentar, lalu celupkan ke dalam air es, segera tiriskan. Buncis, wortel.dan jagung manis siap disimpan di freezer untuk dijadikan sayuran beku. 

Buncis, wortel, dan jagung bisa diolah menjadi berbagai menu. Bisa jadi campuran dalam nasi goreng atau mie goreng. Bisa untuk campuran sup ayam, atau ditumis begitu saja. Praktis, bukan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun