Mohon tunggu...
Elvidayanty Darkasih
Elvidayanty Darkasih Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja lepas

Email : elvi.jambi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Singkong Lapis Coklat, Kudapan yang Bikin Kangen Mama

7 Juli 2020   09:26 Diperbarui: 7 Juli 2020   09:27 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kue singkong lapis coklat (foto: Elvidayanty)

"Bawa singkong ya, Mba? Empuk singkongnya. Mba kan biasanya rajin bikin kue." Ucap ibu penjual tempe langganan saya di pasar tradisional Angsoduo. Salah satu pedagang langganan yang sering memberi saya "bonus" setelah saya belanja tempe dan sayuran lainnya. 

Kali ini saya dikasih bonus singkong kurang lebih 3 kilogram. Biasanya, kalo "bonus" sudah saya olah jadi cemilan atau makanan, keesokan harinya, saat saya belanja lagi, saya bawakan sebagian makanan olahan tersebut ke pedagang yang memberi saya bonus tersebut. 

Di rumah, singkong itu saya olah menjadi kue lapis coklat. Kudapan favorit yang sering dibuat Almarhumah Mama. Beruntung dulu saya sering melihat Mama membuat kue ini dan masih ingat cara membuatnya. Setiap ngomongin singkong lapis coklat, jadi kangen Mama. 

Inilah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis coklat. 

1. Singkong 2 kg.

2. Gula 100 gram (kalo mau lebih manis, bisa ditambahkan) 

3. Kental Manis/susu bubuk 100 gram

4. Garam 1/2 sendok teh

5. Coklat bubuk 50 gram

6. Mentega 100 gram (dicairkan)

7. Telor 2 butir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun