Mohon tunggu...
Elrisa Thiwa Nadella
Elrisa Thiwa Nadella Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Learner | Blogger www.taruihbaraja.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Kreasi Menu Berbuka: Es Lolli Selai Kacang

26 April 2021   23:03 Diperbarui: 26 April 2021   23:41 1258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Frozen Peanutty Pops (Ekspektasi Es Lolli Selai Kacang). Sumber: twitter @skippy

Apa yang bisa dibuat dari selai kacang? Ternyata selai kacang bukan hanya untuk dioleskan ke roti tawar saja. Saya pernah menggunakan selai kacang sebagai bahan membuat es lolli.

Resep ini saya dapatkan dari situs peanutbutter.com/recipes. Di sana ada banyak resep berbahan selai kacang. Mulai dari biskuit, roti, cake, overnight oats (baca juga tulisan saya tentang oats di Konsumsi Makanan Berserat saat Berpuasa), smoothies, popcorn selai kacang, peanut butter pia colada, dan banyak lagi. Nah, saya mencoba resep yang bernama Frozen Peanutty Pops a.k.a Es Lolli Selai Kacang.

Ekspektasi Frozen Peanutty Pops a.k.a Es Lolli Selai Kacang

Bahan

  • 2 cups susu dingin
  • 1/2 cup selai kacang (yang creamy)
  • 1 boks (3,8 oz) puding instan vanila atau coklat

Cara Membuat

  • Campurkan semua bahan, aduk sampai merata (tapi jangan campurkan vanila dengan coklat, itu ada tulisan 'atau', jadi mereka dipisahkan ya, bahannya dibagi dua versi, versi vanila, dan versi coklat)
  • Masukkan ke dalam cetakan es lolli
  • Bekukan sampai keras

Hasil

Menurut instruksinya, dari bahan yang sederhana dan resep yang simpel itu, takaran ini akan menghasilkan 6 buah Frozen Peanutty Pops, seperti ini:

Frozen Peanutty Pops (Ekspektasi Es Lolli Selai Kacang). Sumber: peanutbutter.com (Diattach 2x biar gak kosong kalau img satunya dipindahkan ke atas)
Frozen Peanutty Pops (Ekspektasi Es Lolli Selai Kacang). Sumber: peanutbutter.com (Diattach 2x biar gak kosong kalau img satunya dipindahkan ke atas)

Realita Frozen Peanutty Pops a.k.a Es Lolli Selai Kacang

Bahan

  • 200 ml susu cair full cream dingin
  • 4 sendok makan selai kacang (yang chunky)

Cara Membuat

  • Campurkan semua bahan, aduk sampai merata (saya tidak memakai bubuk puding, jadi tidak akan ada sesi-sesi pemisahan bahan, campurkan sahaja semua langsung)
  • Masukkan ke dalam cetakan es lolli
  • Bekukan sampai keras

Hasil

Dari bahan yang teramat sangat sederhana, dan takaran yang dikira-kira, saya mendapatkan 4 buah Frozen Peanutty Pops, yang penampakannya seperti ini:

Frozen Peanutty Pops (Realita Es Lolli Selai Kacang). Sumber: dokpri
Frozen Peanutty Pops (Realita Es Lolli Selai Kacang). Sumber: dokpri

Kesimpulan dari resep Frozen Peanutty Pops a.k.a Es Lolli Selai Kacang yang saya buat

Tiga kata: Masih bisa dimakan.

Meskipun:

  • Es-nya menjadi belang, sebab tidak tercampur dengan sempurna, diduga karena tidak memakai bubuk puding, jadi pada saat es-nya membeku, bagian selai kacang mengendap di bawah. Rasanya? Rasa kacang yang creamy di bagian atas, dan rasa susu berada di bagian bawah dengan tekstur layaknya susu biasa yang dibekukan.
  • Karena saya memakai selai kacang chunky, jadi teksturnya tidak sepenuhnya halus, melainkan ada butiran-butiran kacang tumbuk. Entah kenapa dulu saya membeli yang chunky, bukan yang creamy. Saya tidak ingat kenapa.

Saran dari resep Frozen Peanutty Pops a.k.a Es Lolli Selai Kacang (Er... Mungkin ini Saran?)

Bagi yang ingin membuat Frozen Peanutty Pops a.k.a Es Lolli Selai Kacang ini, disarankan untuk membuatnya dengan memakai bubuk puding atau gelatin. Seperti itu pula info yang saya dapatkan akhirnya setelah bertanya soal resep Frozen Peanutty Pops kepada mbah Google. Ada pula yang memakai heavy cream sebagai pengganti gelatin.

Tapi ternyata ada resep yang juga tidak menggunakan bubuk puding, gelatin, dan heavy cream. Namun, resep itu menggunakan pisang. Entah pisang bisa menjadi subsitusi untuk menyatukan semua bahan. Kalau menurut resep itu sih bisa. Hanya saja, kita sebaiknya mencoba untuk membuktikannya. Saya? Mungkin kapan-kapan.

Sekian. Tulisan ini adalah hasil tulis ulang dari percobaan saya pada Ramadan dua tahun silam. Sebelumnya saya tulis di blog saya, taruih baraja dalam artikel Kreasi Menu Buka Puasa dengan Es Lolli: Sebuah Eksperimen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun