Mohon tunggu...
Elrisa Thiwa Nadella
Elrisa Thiwa Nadella Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Learner | Blogger www.taruihbaraja.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Cara Meningkatkan Keterampilan Menulis

15 April 2021   23:54 Diperbarui: 16 April 2021   00:26 728
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash   

Lucu juga ya, kadang saya gak sadar kalau saya memperkenalkan diri sebagai Seorang blogger pada bio akun Kompasiana ini.

Meskipun sebuah blog bisa saja hanya berisi foto dan biarlah gambar yang bercerita, tetapi di kebanyakan, blogger tidak lepas dengan urusan tulis-menulis. Saya sendiri masih merasa perlu meningkatkan kemampuan (atau kekurangmampuan) saya dalam menulis.

Saya pernah membaca, tidak ada penulis yang lahir membawa pena. Dengan kata lain, menulis bukanlah bakat bawaan dari lahir.

Hingga detik ini pun saya tidak percaya dengan yang namanya bakat.

Semua kemampuan atau keterampilan (skill) itu dicapai dengan latihan, dan itu bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu. Saya pun mencoba merangkum cara-cara meningkatkan keterampilan menulis, yaitu sebagai berikut:

Banyak membaca

Menulis dan membaca seakan tak dapat dipisahkan. Membaca dapat menambah wawasan dan memperkaya perbendaharaan kosa kata.

Saya mencoba untuk selalu membaca buku setiap hari, walau kadang hanya satu halaman per hari.

Jika tak membaca buku, sebetulnya ada banyak hal yang bisa kita baca, berita di internet atau tulisan di blog misalnya.

Bergabung dengan komunitas penulis

Komunitas menulis dapat menjadi wadah bertukar dan berbagi pikiran, juga berbagi informasi mengenai event tertentu untuk meningkatkan kemampuan menulis. Komunitas menulis ini ada yang offline dan ada yang online.

Pada zaman digital seperti saat ini, tak perlu takut dengan kendala jarak, karena kita telah terbantu dengan keberadaan teknologi informasi. Informasi yang ada di jagad internet dapat diakses dengan mudah, termasuk cara mencari dan bergabung ke sebuah komunitas menulis, dengan mencari akun di sosmed atau websitenya, misalnya.

Ikut kelas menulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun