Mohon tunggu...
Ellyn
Ellyn Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

an undergraduated student majoring in Communication Science in Atma Jaya Yogyakarta University.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

K-Drama "The Devil Judge": Pengadilan bak Reality Show

14 Juli 2021   15:17 Diperbarui: 14 Juli 2021   15:38 307 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
K-Drama "The Devil Judge": Pengadilan bak Reality Show
The Devil Judge | dok. TvN

Bagaimana jadinya bila proses pengadilan seorang terdakwa disiarkan secara langsung bak reality show? Penonton dari seluruh penjuru negeri dapat ikut berpartisipasi dalam putusan bersalah atau tidaknya seorang terdakwa. 

Cerita berlatar belakang hukum memang sudah sering kali diangkat dalam serial drama Korea, seperti While You Were Sleeping tentang jaksa, Hyena atau Vincenzo tentang pengacara, dan Law School tentang mahasiswa hukum.

Kali ini, dunia hiburan drama Korea menyuguhkan cerita baru tentang seorang hakim berjudul The Devil Judge. Tayang di TvN, menariknya penulis naskah drama The Devil Judge ini adalah mantan hakim di Korea, Moon Yoo Seul. 

The Devil Judge Cast | dok. TvN
The Devil Judge Cast | dok. TvN

The Devil Judge menceritakan tentang dunia yang penuh kekacauan dan korupsi. Diperankan oleh Ji Sung (sebagai Kang Yo-han), Park Jin-young (sebagai Kim Ga-on), dan sederet artis lain seperti Kim Min-jung (sebagai Jung Sun-ah) dan Park Gyu-young (sebagai Yoon Soo-hyun).

Kang Yo-han adalah seorang hakim terkenal di Korea Selatan yang memberikan hukuman tanpa ampun bagi orang bersalah. Ia menjadikan pengadilan bak sebuah reality show yang disiarkan secara langsung kepada seluruh penjuru negeri. Setiap penonton dapat berpartisipasi dalam memutuskan bersalah atau tidaknya seorang terdakwa dalam siaran langsung pengadilan.

Ji Sung as Kang Yo-han
Ji Sung as Kang Yo-han "The Devil Judge" | dok. VIU

Drama Korea terbaru TvN ini berhasil mencetak rating sebesar 5,6 persen pada tayangan perdananya Sabtu, 3 Juli 2021. The Devil Judge menjadi menarik karena sejauh 4 episode, masih menjadi misteri apakah sosok hakim Kang Yo-han memang seseorang yang peduli dalam penegakan keadilan, atau hanya berpura-pura. 

Premisnya cukup menarik karena penonton seperti ikut dibawa menyaksikan pengadilan live streaming seperti reality show. Terlebih, jenis hukuman yang dijatuhkan dalam cerita juga membuat penonton ikut ternganga, belum pernah terlihat pada sejumlah drama Korea hukum lainnya. Misalnya, pada episode ke-2 menceritakan pengadilan seorang pemilik perusahaan kimia terbesar yang menimbulkan kerugian korban jiwa dalam menjalankan bisnisnya. Terdakwa berekspektasi hukuman tertingginya adalah 5 tahun penjara, namun siapa sangka hakim jusru menjatuhkan hukuman 235 tahun penjara!

The Devil Judge saat ini sedang on-going dan baru tersedia 4 episode di layanan streaming VIU maupun IQIYI. Tayang tiap Sabtu dan Minggu dan akan tamat pada episode ke-16.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x