Mohon tunggu...
Elita Maida Vina Prospera
Elita Maida Vina Prospera Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Gizi Universitas Esa Unggul

Saya adalah mahasiswa yang tertarik dalam bidang ilmu gizi dan senang berbagi informasi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Makanan Pedas Bikin Kaki Bengkak?

4 Maret 2023   16:04 Diperbarui: 4 Maret 2023   16:08 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/jenis-jenis-edema-atau-pembengkakan-pada-tubuh

Makanan pedas memang terkenal dan banyak digandrungi masyarakat karena rasa yang nikmat. Bahkan kini banyak tren makanan dengan konsep makanan pedas yang terdiri dari berbagai level tingkat kepedasan. Namun ada beberapa informasi terkait mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan kaki bengkak

Apakah makan pedas dapat menyebabkan bengkak pada kaki? Jawabannya tidak begitu sederhana.

Makanan pedas saja tidak menyebabkan kaki bengkak. Namun, makanan pedas dapat menyebabkan peradangan pada tubuh dan retensi cairan, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah banyak atau ketika seseorang cenderung sensitif terhadap makanan pedas. Ketika terjadi peradangan atau penumpukan cairan pada tubuh, maka dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki atau bagian tubuh lainnya.

Makanan pedas mengandung senyawa kimia yang disebut capsaicin. Saat seseorang mengonsumsi makanan pedas, capsaicin memicu respons saraf yang menyebabkan peradangan pada sel-sel tubuh. Capsaicin dapat memicu respon inflamasi pada tubuh dan menghasilkan respon biologis seperti berkeringat, peningkatan detak jantung dan peningkatan aliran darah ke organ vital. Namun, ketika makanan yang terlalu pedas dikonsumsi, peradangan bisa menjadi kronis dan menyebabkan cairan menumpuk di jaringan tubuh. Jika seseorang makan pedas terlalu banyak, jumlah capsaicin yang masuk ke dalam tubuh akan meningkat. Ini dapat memperburuk peradangan, yang kemudian  dapat menyebabkan pembengkakan. Pembengkakan ini dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, tergantung pada seberapa banyak makanan pedas yang dikonsumsi dan seberapa sensitifnya tubuh seseorang terhadap capsaicin. Beberapa bagian tubuh yang mungkin mengalami pembengkakan akibat makan pedas yang terlalu banyak termasuk mulut, tenggorokan, saluran pencernaan, dan organ-organ dalam lainnya.

Peradangan kronis akibat terlalu banyak makan makanan pedas dapat merusak fungsi sistem kekebalan tubuh dan merusak sel dan jaringan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan permeabilitas pembuluh darah dan penumpukan cairan di jaringan, yang dapat menyebabkan edema atau pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Apa sih Faktor Penyebab Bengkak Pada Kaki?

Bengkak pada kaki dapat disebabkan oleh banyak faktor lain, seperti:

  • Cedera seperti patah tulang, memar, atau ligamen robek, dapat menyebabkan pembengkakan. 
  • Ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh, terutama natrium, dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Ini bisa disebabkan oleh makan makanan yang terlalu banyak mengandung garam atau dehidrasi.
  • Gangguan sirkulasi darah seperti vena varises, trombosis, atau penyakit jantung. 
  • Infeksi: Infeksi pada kaki, seperti selulitis atau abses, dapat menyebabkan pembengkakan. 
  • Kehamilan: Selama kehamilan, tekanan pada pembuluh darah di kaki meningkat, yang dapat menyebabkan pembengkakan. 
  • Obesitas: Berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan pada kaki dan menyebabkan pembengkakan. 
  • Efek samping obat, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan obat darah tinggi
  • Gejala dari kondisi medis lainnya, seperti penyakit ginjal, diabetes, atau lupus.

Dari penjelasan di atas, sekarang kita tahu bahwa makanan pedas itu sendiri tidak menyebabkan kaki bengkak. Namun, konsumsi makanan pedas secara berlebihan  dapat menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan di kaki atau bagian tubuh lainnya. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan pedas memiliki banyak akibat buruk lainnya bagi tubuh. Oleh karena itu, makanan pedas harus seimbang dan tidak dimakan secara berlebihan. Jika seseorang sensitif terhadap makanan pedas, sebaiknya batasi konsumsinya. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah potensi masalah kesehatan lainnya.

Jika mengalami pembengkakan pada kaki, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun