Mohon tunggu...
Elis Sintia Dewi
Elis Sintia Dewi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Teknologi Digital

Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Strategi Pemasaran Online

17 Mei 2024   15:20 Diperbarui: 17 Mei 2024   15:28 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Pengertian Media Sosial

Media sosial banyak digunakan oleh orang untuk berinteraksi satu sama lain. Ini memungkinkan orang berinteraksi satu sama lain tanpa harus bertemu secara langsung. Dalam upaya untuk meningkatkan bisnis, penggunaan media sosial telah menjadi komponen penting dari strategi pemasaran. Selain itu, dengan pertumbuhan ekonomi digital yang pesat di Indonesia, diharapkan penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk pertumbuhan bisnis.

2. Manfaat Pemasaran Media Sosial

Media sosial, terutama, telah terbukti sebagai alat yang berguna untuk berbagi informasi dengan harga terjangkau. Baik individu maupun organisasi dapat menggunakan media sosial untuk melakukan berbagai hal, termasuk belajar, berbagi, membangun, memasarkan, dan melakukan aktivitas lainnya. Perusahaan, khususnya, dapat menggunakan media sosial untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan mereka, menghemat uang, dan menjadi lebih efektif daripada menggunakan cara komunikasi konvensional. Ini menunjukkan betapa efektifnya media sosial sebagai alat pemasaran dan komunikasi di era digital saat ini.


3. Facebook

Facebook adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan orang terhubung satu sama lain dan berkomunikasi secara online. Dengan menggunakannya, semua orang dapat terhubung dan berbagi informasi. Facebook menyediakan ruang untuk berbagi informasi, membangun hubungan sosial, dan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di internet melalui fitur utamanya, yaitu jaringan pertemanan, di mana pengguna dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain di internet, termasuk profil, acara, dan opini mereka.


4. Manfaat Facebook

Facebook telah menjadi situs sosial terbesar terbesar saat ini karena banyak manfaatnya. Beberapa keuntungan facebook adalah sebagai berikut:

  • Sebagai tempat untuk mencari teman.
  • Tempat promosi, facebook dapat dijadikan sebagai media promosi yang sangat efektif.
  • Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi sebagai forum.
  • Sebagai tempat untuk menjalin hubungan.
  • Sebagai tempat untuk belajar dan bermain, difacebook dapat digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

5. Fitur Facebook

Beberapa fitur facebook yang dapat digunakan untuk memasarkan produk adalah sebagai berikut :

  • Informasi (information) ): digunakan untuk menyediakan alamat dan nomor telepon perusahaan, orang yang bertanggung jawab, jenis perusahaan, layanan, dan informasi lainnya yang diperlukan..
  • Dinding (Wall) adalah fasilitas untuk meng-update status dan kemudian untuk memberikan testimoni dan komentar tentang status update.
  • Foto dan video  digunakan untuk mengupload foto produk, paket umrah, kegiatan, dan testimoni.
  • Share Adalah Fitur ini dapat digunakan untuk berbagi dengan banyak orang dengan menandai orang yang ingin berbagi dan berbagi informasi update.
  • Status Update Fitur ini dapat digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang kita lakukan atau untuk memberikan informasi produk.
  • Group Dengan fitur ini, kita dapat membuat grup dengan fitur yang bagus untuk membentuk komunitas online, seperti diskusi, foto, wall, testimonial, dan fitur lainnya.

6. Pengertian Pemasaran

Salah satu elemen penting dalam dunia bisnis adalah pemasaran. Perusahaan harus memanfaatkan pemasaran sebagai bagian penting dari strategi usahanya, terutama dalam hal hubungan dengan pelanggan atau konsumen. Kata "pasar" berasal dari kata "permintaan", yang merujuk pada mekanisme permintaan dan penawaran. Para ahli pemasaran membuat definisi yang berbeda tentang pemasaran untuk mencapai tujuan yang sama. Pemasaran adalah lebih dari sekadar menjual barang atau jasa; itu juga memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan meyakinkan pelanggan untuk membeli barang atau jasa perusahaan melalui pembuatan, penawaran, dan pertukaran produk bernilai.

Pemasaran adalah proses pembuatan, distribusi, promosi, dan penetapan harga barang, jasa, dan ide. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pertukaran yang memuaskan dengan pelanggan dan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang positif dengan para pemangku kepentingan dalam lingkungan yang dinamis. Pemasaran adalah komponen bisnis yang sangat penting karena tidak hanya berfokus pada penjualan produk atau jasa tetapi juga pada pemahaman dan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran mencakup proses pembuatan, distribusi, promosi, dan penetapan harga produk atau jasa dengan tujuan memfasilitasi pertukaran yang memuaskan antara bisnis dan pelanggan. Lebih dari itu, pemasaran juga membantu membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah.


7. Tujuan Pemasaran

Tujuan pemasaran adalah tujuan khusus yang ditetapkan oleh bisnis atau perusahaan untuk membantu mereka dalam mempromosikan barang dan jasa mereka kepada pelanggan. Tujuan pemasaran adalah tujuan yang ditetapkan melalui strategi pemasaran keseluruhan yang dirancang untuk membantu mencapai tujuan organisasi dalam jangka waktu tertentu. Di antara tujuan pemasaran yang disebutkan Kotler dan Keller (2016) adalah:

  • Memberi informasi (promosi), promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik klien konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dan dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikan pada angka pernjualan tersebut.
  • Menciptakan pembelian.
  • Menciptakan pembelian ulang, jika suatu konsumen puas maka akan tercipta pembelian ulang yang yang akan menjadikan konsumen sebagai pelanggan setia.
  • Menciptakan tenaga kerja tidak langsung, dalam memasarkan harga atau jasa secara tidak langsung pun akan tercipta tenaga kerja.
  • Menciptakan produk megabrand, produk yang sudah memiliki pelanggan setia akan menciptakan megabrand sehingga tidak mungkin produk tidak dilirik oleh konsumen.

8.  Fungsi Pemasaran

Adapun fungsi pemasaran yang dikemukakan menurut (Sudaryono, 2016) adalah sebagai berikut:

  • Fungsi Pertukaran : Dengan adanya pemasaran, pembeli dapat membeli produk dari produsen. Baik dengan menukar uang dengan produk maupun menukar produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali. Pertukaran merupakan salah satu dari empat cara orang mendapatkan suatu produk.
  • Fungsi Distribusi : Fisik suatu produk dilakukan dengan mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati konsumen yang membutuhkan dengan banyak cara, baik melalui air, darat, udara, dan sebagainya. Penyimpanan produk mengedepankan upaya menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
  • Fungsi Perantara : Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan melalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distirbusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain pengurangan risiko, pembiayaan, pencarian informasi serta Perusahaan dan penggolongan (klarifikasi) produk.

9. Pengertian Strategi Pemasaran

Didasarkan pada harapan perusahaan tentang bagaimana berbagai program atau kegiatan pemasaran akan mempengaruhi permintaan produk di pasar, strategi pemasaran adalah rencana yang disusun dan dijelaskan. Perusahaan dapat menggunakan lebih dari satu strategi pemasaran secara bersamaan, karena permintaan konsumen dipengaruhi oleh berbagai kegiatan pemasaran, seperti iklan, penjualan personal, dan promosi.

Kotler mengatakan bahwa strategi pemasaran adalah cara suatu perusahaan berpikir untuk mencapai tujuan pemasarannya, yang dapat mencakup berbagai strategi yang berkaitan dengan sasaran pasar, positioning, bauran pemasaran, dan besaran pengeluaran pemasaran. Di sisi lain, Tjiptono (2016) mengatakan bahwa strategi pemasaran adalah alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dan mempertahankan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Berdasarkan beberapa definisi, strategi pemasaran adalah rencana yang dibuat oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Rencana ini didasarkan pada harapan perusahaan tentang bagaimana berbagai program atau kegiatan pemasaran akan memengaruhi permintaan produk di pasar. Beberapa aspek strategi pemasaran termasuk sasaran pasar, penempatan (atau penempatan), bauran pemasaran, dan besaran pengeluaran pemasaran. Tujuannya adalah untuk mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan.

10. Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan strategi pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Dapat digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan stPerusahaanr prestasi yang telah ditentukan.
  • Membantu meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran sehingga lebih efektif dan mampu mencapai target dengan mudah.
  • Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi.
  • Dasar pemikiran untuk mengambil keputusan pemasaran.

Tujuan strategi pemasaran yang disebutkan adalah bahwa strategi tersebut bertujuan untuk memberikan kerangka kerja yang jelas dan dapat diukur untuk mengukur hasil dari upaya pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan memiliki tujuan yang jelas, perusahaan dapat mengevaluasi kinerja pemasaran mereka dengan melihat seberapa baik tujuan tersebut tercapai. Selain itu, strategi pemasaran juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran.

11. Fungsi Strategi Pemasaran

Adapun strategi pemasaran memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Mengatur arah jalannya bisnis atau perusahaan. Tentunya, hal ini akan membantu koordinasi tim pemasaran lebih efektif sehingga akan mudah mencapai target.
  • Meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan bisnis yang tengah dijalankan. Strategi pemasaran menuntut para pelaku bisnis untuk memperkirakan laju bisnis di masa mendatang sehingga secara tidak langsung memberikan semangat untuk menjalankannya.
  • Sebagai Perusahaan penilaian dari prestasi kerja para anggota di perusahaan. Dengan adanya Perusahaan penilaian ini, tentunya pengawasan mutu dan kualitas kerja menjadi efektif.
  • Sebagai alat bantu untuk mencapai target atau tujuan suatu perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek atau panjang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun