Mohon tunggu...
Elison Manisa
Elison Manisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jadikan pendidikan sebagai tools untuk membangun diri dan sesama.

Hidup adalah perjuangan, selama nafas belum berhenti tetap belajar untuk menjadi inspirasi bagi dunia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pentingnya Orangtua Menanamkan 5 Karakter pada Anak Sejak Dini

18 September 2021   12:11 Diperbarui: 18 September 2021   12:13 196 38 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Orangtua Menanamkan 5 Karakter pada Anak Sejak Dini
Ilustrasi https://pixabay.com

Pendidikan karakter dimulai dari rumah, orang tua menjadi contoh (model) yang patut diidolakan oleh anak, sebagian anak memiliki pola pikir, bahasa, dan pergaulan yang bebas dan salah.

Olehnya orang tua perlu membangun nilai-nilai positif sejak dini agar anak (Berakar, Bertumbuh, Kuat Hingga Dewasa nantinya).

A. Disiplin

Mengajarkan kedisiplinan pada anak sejak dini, dapat membantu anak menjadi lebih mandiri. Kedisiplinan dimulai dari ayah,ibu dan keluarga diberikan penjelasan tentang aturan dan batasan, waktu, pergaulan dan komunikasi demi kebaikannya, Ia dapat menempati aturan dengan baik, ketika anak sudah terbiasa dengan hidup penuh kedisiplinan, orang tua wajib membantu dan dan mendampingi anak hingga tumbuh menjadi anak yang berkarakter dan berwawasan.

B. Kejujuran

Pada masa-masa pertumbuhan anak usia 0-5 tahun adalah masa keemasan bagi anak disebut (Golden Age) ini adalah masa tumbuh kembang anak sehingga orang tua perlu menanamkan nilai-nilai kejujuran. Saat ini, usia anak mulai mengalami perkembangan otak dan fisiknya.

Berati waktu yang tepat bagi anak, mengapa karena usia saat penting untuk mengembangkan karakter kejujuran pada anak masih golden age. Ayah ibu perlu memberikan pemahaman tentang bersifat jujur serta bersifat jujur secara terus-menerus pada anak.

C. Berempati

Pentingnya membekali anak dengan berempati rasa berempati sejak dini agar Anak dapat mengalami perubahan, perasaan, kekalutan mental, dan depresi yang sedang alami.

Berempati juga mengajarkan anak tentang pentingnya toleransi, bagaimana mereka merasakan bagaimana perasaan mereka pada posisi orang lain.

Masalah berempati dapat di terapkan oleh ayah dan ibu dengan contoh dan hal-hal kecil lainnya, seperti mengucapkan terimakasih, membantu anak memahami kosakata, emosi, selalu bersyukur, memuji keberhasilan orang lain, dan memberikan contoh untuk menghargai perbedaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan