Elisa Koraag
Elisa Koraag ibu rumah tangga

Saya ibu rumah tangga dengan dua anak. gemar memasak, menulis, membaca dan traveling. Blog saya dapat di intip di\r\nhttp://puisinyaicha.blogspot.com/\r\nhttp://www/elisakoraag.com/ \r\nhttp:www.pedas.blogdetik.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Arisan MAPAN, Arisan untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

3 April 2016   23:47 Diperbarui: 4 April 2016   00:21 2189 0 0

Sesudah menghadiri acara Blogger Gathering Arisan MAPAN, saya harus mengatakan yang mempunyai ide Arisan MAPAN dan mengelolanya, adalah orang yang cerdas. Benar-benar pemikir handal dalam berbisnis. Mengapa begitu? Karena arisan adalah kegiatan yang sangat umum dan sudah dikenal di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Mulai dari anak-anak SD hingga ibu rumah tangga atau kaum professional.  Arisan tidak mengenal usia dan jenis kelamin maupun tua muda. Mengambil konsep arisan dan mengelolanya dengan lebih modern, membuka peluang bisnis yang besar. Karena arisan adalah sesuatu yang sudah dikenal dan ada dalam masyarakat Indonesia sejak zaman dulu. Sehingga memperkenalkan arisan MAPAN menjadi lebih mudah karena bukan kegiatan baru.

[caption caption="Blogger Gathering Arisan MAPAN"][/caption]

Menurut saya, arisan itu kegiatan gotong royong dengan motivasi pengumpulan materi baik barang maupun uang. Dilakukan secara musyawarah dan mufakat karena harus ada kesepakatan. Kalau dalam bentuk uang berapa besarannya, Kalau dalam bentuk barang, apa barangnya, berapa jumlah anggota, kapan pembayaran dan kapan ditentukan siapa pemenang arisan.Sebuah konsep bahu membahu mewujudkan sesuatu untuk kebaikan bersama. Karena arisan bisa juga arisan untuk jalan-jalan ke luar kota.

Saya memahami arisan itu seperti menabung. Untuk masyarakat dengan ekonomi terbatas, memiliki barang dengan cara mencicil adalah upaya menjaga perputaran uang dalam rumah tangga. Dengan penghasilan yang terbatas, membeli secara tunai akan mengganggu keuangan rumah tangga. Maka arisan adalah salah satu solusinya. Bahkan tidak sedikit, koordinator yang sabar tapi tegas, mampu membantu peserta arisan di kelompoknya meningkatkan ekonomi. Karena barang-barang yang dibeli, bisa digunakan untuk usaha. Misalnya  mesin pembuat juice, mixer, oven, sehingga bisa membuat kue. Semuanya bisa dijual lagi. Dengan konsistensi dan komitmen yang baik, usaha dari barang-barang yang di dapat dari arisan bisa menghasilkan uang, yang uangnya bisa digunakan untuk membayar iuran arisan.

[caption caption="Mapan.id"]

[/caption]

Arisan MAPAN ini, arisan barang dengan konsep yang sama, hanya pengelolaannya, dilakukan secara modern, memanfaatkan teknologi dan manajemen yang lebih terkontrol.  Dengan sendirinya arisan MAPAN, memiliki banyak keunggulan dibanding arisan tradisional. Selain itu arisan MAPAN menawarkan lebih banyak keuntungan bagi peserta maupun ketua arisan.  Kok bisa? Ya bisa dong. Kalau dulu arisan barang, ketua arisan harus mengeluarkan modal untuk membeli barang yang diinginkan anggota. Tidak jarang pembelian di lakukan dengan mencicil sehingga harga barang lebih mahal.  Dan biasanya jenis barangnya sama. Misalnya panci, semua anggota ikut memesan panci. Jika arisan emas, semua emas. Selain itu kelompok-kelompok arisan yang sendiri-sendiri, seperti arisan RT, arisan majelis taklim, arisan kawan-kawan alumni SD, alumni SMP, dan seterusnya.

[caption caption="Persamaan dan perbedaan arisan tradisional dan arisan MAPAN"]

[/caption]

Setelah memasuki era digital dan maraknya media sosial, telah menyambungkan kawan-kawan semasa sekolah atau dengan kerabat sekampung/sesuku. Untuk tetap menjalin silaturahmi kembali lalu diadakan pertemuan-pertemuan rutin. Agar tidak terkesan buang waktu dengan diisi ngobrol dan makan-makan, maka biasanya diadakah arisan. Tujuan utamanya lebih pada silaturahminya.

Nah perbedaan lain, arisan tradisional  dengan arisan MAPAN, ada pada pengelolaannya. Arisan MAPAN adalah kegiatan arisan yang dikelola secara modern dengan cakupan wilayah lebih luas. Kok bisa?  Kalau arisan biasanya arisan RT, arisan alumni sekolah atau arisan kantor suami kan cakupan terbatas, sedangkan arisan MAPAN Karena para peserta arisan tidak diperlukan hadir secara fisik. Peserta arisan bisa berada di mana saja. Maka dengan sendirinya buat peserta asriasn MAPAN, konsep ruang tidak diperlukan.

[caption caption="Perbedaan arisan tradisional dan arisan MAPAN"]

[/caption]

Selain, jika arisan tradisional ketua arisan biasanya dibantu sekretaris atau bendahara agar ada fungsi kontrol maka pada arisan MAPAN ada  PT. RUMA  sebagai pemodal, pengelola, penjamin dan pengontrol. Maka untuk sukses berjalan arisan baik arisan tradisional maupun arisan MAPAN adalah KREDIBILITAS, peserta arisan ketua arisan. Kembali pada tujuan dan niatnya. Kalau tujuan dan niatnya baik harusnya hasil akhirnya ya baik juga.

Sedangkan kelebihan  arisan MAPAN dibanding arisn tradisional, dalam satu kelompok arisan, peserta boleh memilih barang yang berbeda-beda. Kok bisa? Ya bisa kan ada PT. RUMA sebagai pemodal.

Saya jadi ingat ucapan salah satu keponakan saya. Dia bilang, nggak mau ikut arisan seumur hidupnya. Saya bertanya dong, mengapa? Saat itu keponakan saya sudah mulai kerja. Nah ceritanya kami ingin mengadakan arisan keluarga, antar kakak-adik dan keponakan yang sudah bekerja. Lalu keponkan saya bercerita, saat SMA dia ikut arisan kelas. Baru penarik sampai ketiga, arisannya bubar. Keponakan saya merasa dirugikan. Saya dan yang lain tertawa mendengar cerirtanya. Tapi hal semacam itu bisa terjadi karena pada anak-abak SMP belum ada tanggung jawab dan belum terbentuk keberanian untuk meminta apa yang menjadi hak sehingga mengabaikan apa yang menjadi kewajiban, dalam hal ini membayar rutin iuran arisan.

[caption caption="Perbedaan arisan tradisional dan arisan MAPAN"]

[/caption]

Pada arisan MAPAN, hal semacam itu diminimalkan dengan terlebih dahulu meminta komitmen semua peserta arisan untuk bertanggung jawab dan melakukan fungsi kontrol bersama. Di mana sesama peserta arisan harus saling menghormati dan saling mengingatkan agar menepati   kewajiban untuk mendapatkan hak

Arisan Mapan diselenggarakan oleh PT. RUMA yg sudah tetdaftar di Kementrian Perdagangan dan Asosiasi Pedagang Langsung Indonesia (APLI). RUMA adalah perusahaan yg berbasis teknologi dengan misi sosial yg bertujuan utk meningkatkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat hidup mapan dan mempunyai daya saing. PT. RUMA sudah berdiri sejak th 2009, saat ini telah berkembang dng 50 cabang. Dipercaya lebih dari 70.000 anggota. Tersebar Jawa dan Bali.

Nah, terlihatkan misi PT. RUMA itu sejalan dengan tujuan arisan yang sudah umum di masyarakat Indonesia. RUMA-Rekan Usaha Mikro Anda. Kalau sebagai rekanan, maka kita harusnya bisa bekerja sama. Bagaimana caranya? Daftar dong, bisa jadi ketua arisan bisa juga jadi anggota/peserta arisan.

[caption caption="Enaknya jadi ketua arisan MAPAN"]

[/caption]

Caranya? Gampang banget. Masuk saja di website: Http://mapan.ruma.co.id Namun karena ini sudah di era digital, silakan unduh aplikasinya di apps store: Mapan.id. Regestrasi lebih mudah dan lebih banyak pilihan barang.  Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya lewat genggaman. Sudah punya telepon pintar kalau nggak dimanfaatkan,  sayang dong. Minimal pulsa internet bisa kembali, kalau rajib bahkan bisa memperbanyak tabungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2