Mohon tunggu...
Elisabet Pasaribu
Elisabet Pasaribu Mohon Tunggu... aktif

ada

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perkembangan Anak Usia Remaja

29 Oktober 2019   23:09 Diperbarui: 29 Oktober 2019   23:22 240 0 0 Mohon Tunggu...

perkembangan remaja adalah perkembangan remaja yang  mencapai pola hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya yang berbeda jenis kelamin sesuai dengan keyakinan etika dan moral kesopanan yang berlaku dimasyarakat.

Dilihat dari berkembangnya zaman,anak remaja sudah mulai tau mengenal apa itu percintaan dan apa itu sosial media,zaman sekarang anak sudah tau cara mengkondisikan dirinya baik diluar maupun dalam lingkungannya.

Remaja lebih sering dipengaruhi oleh teman sebayanya, berarti bahwa pengaruh orang tua semakin lemah ,anak remeja berprilaku dan mempuyai kesenengan yang berbeda bahkan bertentangan dengan prilaku dan kesenangan keluarga contoh-contoh yang umum adalah dalam hal periode pakaian,potongan rambut,kesenangan musik yang kesemuanya harus

Remaja mengalami perubahan fisik yang luar biasa,baik perubahannya maupun seksualitasnya,perasaan seksual yang mulai muncul bisa menakutkan karena ,membingungkan sumber perasaan salah dan fruntal.Remaja sering menjadi selalu percaya diri, dan ini bersama-sama dengan emosinya,semakin meningkat,mengakibatkan sulit menerima nasihat dan pengarahan orang tua.

masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek / fungsi untuk memasuki masa dewasa.Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria.

Masa remaja juga Masa peralihan di antara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.

Adapun  Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan atas tiga, yaitu:
Masa remaja awal, 12 -- 15 tahun
Masa remaja pertengahan, 15 -- 18 tahun
Masa remaja akhir, 18 -- 21 tahun.

VIDEO PILIHAN