Mohon tunggu...
Eli Melani Kholifiah
Eli Melani Kholifiah Mohon Tunggu... Valid

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Grab Representative Kemajuan Teknologi

3 Desember 2019   23:40 Diperbarui: 3 Desember 2019   23:50 0 0 0 Mohon Tunggu...

Grab merupakan #AplikasiUntukSemua berupa sebuah media transfortasi, pengiriman, dan layanan keuangan yang berbasis teknologi. Dengan kecanggihan perkembangan teknologi saat ini, layanan grab dapat dipesan secara online dari tiap smartphone yang memiliki akses ke internet. Dengan kemudahannya, banyak orang lebih memilih jasa ini karena dianggap lebih cepat, efisien dan simpel.

Di Indonesia grab menawarkan berbagai fitur pelayanan, diantaranya ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), taksi (GrabTaksi), kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling (GrabHitchCar). Namun menurut wikipedia ada pelayanan terbaru yang diluncurkan oleh grab yaitu GrabGerak, dimana layanan ini adalah di peruntukan bagi para penyandang disabilitas guna untuk mendukung mereka dalam bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Di zaman sekarang ini hampir semua masyarakat yang memiliki smartphone dimanjakan habis-habisan dengan berbagai aplikasi yang hanya dengan menyentuhnya saja kita akan mendapakan apa yang kita inginkan. Namun, disamping itu Badan Pusat Statistika (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per februari 2019 ada di angka 5,10 % dari tingkat partisipasi angkatan kerja di Indonesia. Angka ini membaik dibanding posisi februari 2018 yakni 5,13 %. Menurut CNBC Indonesia, sebanyak 38 % dan 33 % pengemudi grabbike dan grabcar menganggur sebelum bergabung dengan grab. Apabila seorang pengangguran kreatif menggunakan smartphonenya, salah satu caranya dengan ikut berkontribusi dalam lingkup grab maka angka pengangguran di Indonesia akan lebih pesat menurun. Para pengangguran ini dari mulai pemuda bahkan sampai ibu-ibu bisa berkontribusi didalamnya, karena aplikasi ini diciptakan untuk #SelaluBisa melayani semua kalangan.

Grab merupakan representatif dari perkembangan teknologi saat ini, dengan kemajuan teknologi yang sangat luar biasa.. Sebagai hasil dari teknologi grab sendiri awalnya dirancang untuk memudahkan konsumen (pengguna jasa transportasi) dimana di kota-kota besar seperti jakarta dan sekitarnya. Transportasi merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan, grab hadir sendiri memberi solusi dari berbagai macam kemacetan. Ini merupakan sesuatu yang menarik melihat fenomena saat ini di Indonesia pengguna smartphone yang menjadi pengguna terbanyak ke-5 di dunia, analis Emarketer Monica Peart mengungkapkan bahwa maraknya kehadiran smartphone dengan harga murah dan juga layanan internet broadband yang meningkat di negara berkembang, seperti India dan Indonesia, akan meningkatkan jumlah pengguna internet aktif secara berkala. Dengan demikian, setiap orang dapat mengakses internet dan menjalankan aplikasi (dalam hal ini aplikasi grab) yang dapat digunakan untuk mengakses jasa transportasi grab.

VIDEO PILIHAN