Mohon tunggu...
Elias Sumardi Dabur
Elias Sumardi Dabur Mohon Tunggu... Profile Singkat

Konsultan hukum dan advokat. Founder Akuity Law Firm. Memperoleh pendidikan Bahasa Perancis dari UGM, dan Ilmu Hukum dari Univ. Suryadharma, Jakarta. Punya minat besar dlm menulis perihal politik, kisah inspiratif, pengembangan kepemimpinan, dan spiritual. Lama berkecimpung dlm organisasi kemahasiswaan intra dan ekstra kampus (Sekjen PP PMKRI 2005-2006). Pernah bekerja sbg Tenaga Ahli salah satu Anggota DPR dan Legal Officer PT. Griya Apsari Persada. Selain itu, sempat merintis usaha penulisan/penerbitan buku-buku: pengembangan diri, Kisah inspiratif/motivasional dan hubungan ketuhanan. Buku pertama yang diterbitkan atas nama sendiri; BE A LEADER. Investasikan Kepemimpinan Anda! Seiring perjalanan hidup, saya memberi nama atau julukan baru bagi diri saya; " SANG PEMBELA" untuk menunjukan diri sebagai pejuang keadilan dan kebebasan. Keterlibatan saya dalam gerakan politik, minat saya dalam mendorong, memotivasi semata-mata expresi kelimpahan cinta. Karena Saya tumbuh dan besar sebagai pribadi yang kelimpahan cinta.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Wawancara Eksklusif dengan Arsitek dan Pengusaha Juita Djong

29 Mei 2020   16:04 Diperbarui: 1 Juni 2020   01:06 135 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wawancara Eksklusif dengan Arsitek dan Pengusaha Juita Djong
photo-2020-05-31-23-18-21-5ed3e7c3097f364cd50f1e22.jpg

Menjalani profesi yang sama lebih dari satu dasawarsa bukanlah perjalanan yang mudah. Di dalamnya pasti ada ilmu, seni, dan  passion yang kuat sebagai elemen kunci yang membuat seseorang bertahan dan terus melakoni dengan setia perannya di tengah aneka tantangan yang tidak ringan. Juita Djong, alumni Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Arsitektur  ISTN (Institut Sains dan Teknologi) Jakarta ini telah menekuni profesi sebagai arsitek selama 20 tahun. 

Dalam kurun waktu itu pula,  Ita demikian sapaanya terus bergelut dengan pekerjaannya mulai dari arsitek junior sampai menjadi arsitek senior, mulai dari Tenaga Ahli jasa arsitektur di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta (BUMS), hingga menjalankan biro arsitekturnya sendiri di bawah bendera PT. Griya Apsari Persada (GAP). Pengalaman dan ilmunya tentu sangat lengkap. 

Di sela kesibukannya yang sangat padat, saya sempat mengorek dan mengelaborasi secara singkat rahasia Juita bertahan dalam profesi ini.  

Anda benar-benar mencintai pekerjaan ini ya. sudah menjadi passion begitu?

Juita  : Betul. Dunia arsitek sungguh menjadi passion saya. Saya tidak suka avonturir. Saya total, komit dengan profesi ini dari tamat kuliah sampai saat ini. Kurang lebih, 20 tahun, saya menekuni ini.

Apakah Anda tidak jenuh?

Juita  : Kembali pada passion tadi. Jenuh sih tidak ya. Capek iya hehe...namanya manusia ada batasnya juga.

Frustrasi begitu?

Juita :  Aspek yang membuat saya frustrasi barangkali soal miskonsepsi, kesalahpahaman tentang keseluruhan pekerjaan saya sebagai arsitek disainer.

Maksudnya bagaimana ? Bisa dijelaskan lebih lanjut tugas seorang arsitek?

Juita: Arsitek  itu ringkasnya seorang perancang bangunan (building designer ).  Namun, peran arsitek tidak hanya sebatas bangunan saja, tetapi meliputi tugas penataan (penciptaan dan pewujudan) dari ruang dalam skala yang lebih luas. Ruang tersebut berwujud lingkungan binaan (build environment) yang diperuntukkan bagi kehidupan manusia maupun masyarakat luas (umum).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN